Ada Ikan Lele Sepanjang 2,85 Meter

Pratiwi - Jumat, 16 Juni 2023 23:09 WIB
null

TURIN (sijori.id) - Alessandro Biancardi, seorang pemancing Italia akhirnya berhasil menarik ikan lele besar sepanjang 2,85 meter saat memancing di air keruh Sungai Po di Italia. Tangkapan itu mengalahkan rekor dunia sebelumnya untuk ikan lele wels (Silurus glanis) terbesar yang pernah ditangkap dengan ukuran 4 sentimeter lebih pendek

"Ketika muncul pertama kali, saya benar-benar menyadari bahwa saya terkait dengan monster," tulis Biancardi dalam sebuah pernyataan. "Saya sendirian menghadapi lele terbesar yang [pernah] saya lihat dalam 23 tahun."

Saat Biancardi mendaratkan raksasa itu, dia dan rekan-rekannya mengukurnya sebelum melepaskannya ke sungai. "Dokumentasi sudah dikirim ke IGFA [International Game Fish Association] agar mereka bisa mencatat secara resmi ikan besar ini," menurut pernyataan tersebut.

Lele Wels adalah ikan air tawar terbesar di Eropa. Dia tidak termasuk spesies yang bermigrasi ke pedalaman dari laut untuk berkembang biak yang dikenal sebagai spesies anadromous. Ikan itu berasal dari Eropa Tengah dan Timur tetapi telah diperkenalkan ke bagian lain benua itu dalam 25 tahun terakhir, dengan populasi menjamur di sungai-sungai besar di Italia, Prancis, dan Spanyol.

Sungai Po, yang berkelok-kelok melintasi Italia utara dan melalui kota-kota Turin dan Piacenza, merupakan hotspot ikan lele yang sangat besar.

Tangkapan pemecah rekor terakhir, lele wels sepanjang 2,81 m juga ditangkap dari Po pada 12 April. "Lele Wels diperkenalkan di Sungai Po sekitar tahun 2000," kata Per Larsson, seorang profesor tamu di Universitas Linnaeus di Swedia yang mempelajari ikan predator, kepada Live Science Kamis 15 Juni 2023.

"Ketika spesies ikan (seperti lele wels) diperkenalkan ke lingkungan baru yang cocok, pertumbuhannya tinggi." (*)

Tags leleBagikan

RELATED NEWS