Aneka Varian Sajian pecel

Pratiwi - Rabu, 05 Juli 2023 07:29 WIB
null

(sijori.id) - Kuliner pecel, bisa didapat dimana mana bahkan di luar Jawa. Sudah pernah coba?! Ada beberapa varian pecel loh…. Terdapat beberapa perbedaan dalam olahan pecel tergantung daerah makanan ini dibuat.

Cita rasa yang ditawarkan juga berbeda-beda walau secara konsep pembuatan maupun penyajian sama. Hal ini karena pecel menyesuaikan dengan ciri khas dan kebiasaan makan dari masing-masing daerah yang membuatnya.

Berikut adalah ragam aneka jenis pecel:

Pecel Madiun

Dari berbagai variasi dan jenis pecel, olahan pecel dari Madiun inilah yang paling popular dan hampir dikenal oleh masyarakat luas. Masakan ini juga menjadi landmark kuliner dari Kota Madiun. Bahkan Kota Madiun juga dijuluki sebagai Kota Pecel.

Pecel Madiun merupakan standar olahan pecel pada umumnya. Terdiri dari berbagai ragam sayuran yang disiram dengan sambal kacang yang rasanya soft. Sambalnya tidak terlalu pedas ataupun manis sehingga terasa cocok dimakan.

Pecel ini dihidangkan dengan rempeyek maupun krupuk lempeng sebagai lauk. Selain itu, penyajian pecel ini biasanya ditaruh dalam pincuk dari daun pisang ataupun daun jati.

Pecel Banyumasan

Seperti pecel pada umumnya, olahan ini juga menggunakan beraneka ragam sayuran sebagai bahan dasar. Adapun perbedaanya dengan pecel di daerah lain yaitu adanya bunga kecombrang yang digunakan sebagai bahan pecel.

Bunga berwarna merah muda ini menambah rasa dan aroma dalam pecel yang disajikan sehingga menjadi lebih segar. Kuliner ini mudah dijumpai ketika sedang singgah di daerah Kroya maupun daerah di wilayah Banyumas lainnya.

Pecel Semanggi

Sebagaimana namanya, pecel ini menggunakan bahan dasar dari sayuran semanggi yang direbus dan disajikan dengan sambal kacang. Pecel jenis ini juga tidak dimakan dengan nasi seperti jenis pecel lainnya. Olahan pecel semanggi banyak dijumpai di daerah Surabaya.

Pecel Tumpang Kediri

Pecel dari tanah Kediri memiliki perbedaan dari adanya sambal tumpang yang digunakan untuk mengguyur sayuran yang telah direbus. Sambal tumpang sendiri berasal dari fermentasi tempe yang dipadukan dengan cabai dan berbagai bumbu lainnya. Hal ini yang menjadikan pecel ini berbeda dengan pecel di daerah lainnya.

Pecel Blitar

Masakan pecel dari Blitar ini sekilas hampir sama dengan pecel di daerah lainnya yang menggunakan sayuran dan sambal kacang. Perbedaanya hanya terdapat pada penggunaan serundeng kelapa yang ditambahkan pada olahan nasi pecel ini. Hal ini menambah cita rasa pada pecel yang disajikan.

Tags PecelBagikan

RELATED NEWS