Apa Itu Pasta Carbonara?!

Pratiwi - Minggu, 29 Januari 2023 21:53 WIB
Kenali Apa Itu Carbonara, Makanan Khas Italia yang Lagi Viral di Instagram

JAKARTA (sijori.id) - Sudah pernah mencicip Carbonara? Apa Itu Pasta Carbonara? Seperti yang dilansir dari laman Delighted Cooking, carbonara merupakan saus Italia untuk pasta yang telah muncul di beberapa titik setelah Perang Dunia Kedua. Bahan inti carbonara adalah pancetta, campuran keju, telur, dan lada hitam yang baru dipecah.

Kata Carbonara berasal dari bahasa Italia yaitu carbone yang berarti batubara. Banyak teori yang menjelaskan bagaimana carbone saat ini menjadi carbonara. Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa nama carbonara merujuk pada potongan lada hitam yang mirip batu bara di piring.

Untuk membuat carbonara khas Italia, koki akan memasak semua jenis pasta panjang seperti spaghetti, linguini, atau fettucini. Dalam wajan terpisah, pancetta dan bawang putih akan dimasak dalam campuran mentega dan minyak zaitun sebelum disisihkan.

Telur dan merica akan dikocok dalam mangkuk kecil bersama dengan keju seperti Parmesan dan Pecorino. Saat pasta ditiriskan, sebagian air akan disisihkan dan dituangkan kembali ke dalam panci pasta bersama dengan pasta dan pancetta. Bahan-bahan tersebut akan dicampur dengan adonan telur dan carbonara bisa langsung disajikan.

(*)

Tags carbonaraBagikan

RELATED NEWS