Apakah Kamu Baik-baik Saja?

Pratiwi - Minggu, 30 April 2023 09:35 WIB
ilustrasi perempuan sedang bersedih. | freepik

(sijori.id) - Menurut Pakar Etiket Harvard, Sara Janeho, jika Anda mendapati diri Anda menerima komentar lancang, Anda dapat membalasnya dengan kebaikan dan berkelas hanya dengan satu pertanyaan.

“Jika ada teman yang mengatakan sesuatu yang jahat kepada Anda, saya biasanya melihat ke atas dan berkata, ‘Apakah kamu baik-baik saja?’,” kata Sara sebagaimana dikutip TrenAsia.com, jejaring media sijori.id dari CNBC Internasional.

Menurut Sara, tiga kata tersebut dapat menandakan bahwa meskipun Anda tidak menanggapi komentar tersebut secara pribadi, Anda tidak terlalu menghargainya.

Sama pentingnya dengan konten adalah nada. Sara menekankan, saat Anda menanyakan bahwa si perundung dalam kondisi baik, jangan gunakan nada yang pendek atau tajam. Gunakan pengaruh yang bersahabat.

“Saya tidak menyerang balik. Saya datang dari tempat perawatan dan itu biasanya untuk memeriksa orang lain,” ujar Sara.

Selain kalimat diatas, Sara menambahkan tak mengatakan atau menanggapi apapun bisa menyempaikan pesan yang sama. Namun, ini lebih tepat dilakukan jika orang yang menghina Anda bukanlah teman dan hanya sekadar menjalin hubungan teman.

“Seringkali, saya merasa ketika orang bersikap kasar, hal terbaik adalah tidak mengatakan apa-apa. Biarkan semua orang berkubang, dan biarkan mereka berkubang dalam perilaku buruk mereka,” tambah Sara.

Terlepas dari siapa yang membuat komentar negatif, Sara mengingatkan untuk tidak membiarkan orang lain mengendalikan suasana hati Anda.

“Kekuatan terbesar adalah menunjukkan bahwa orang lain tidak memiliki kekuasaan atas Anda,” tambah Sara. (*)

RELATED NEWS