Bahkan Senyum pun Harus Kursus, di Jepang

Pratiwi - Selasa, 06 Juni 2023 21:33 WIB
Gen Z di Jepang Rela Bayar $55 untuk Pelatihan Cara Tersenyum

JEPANG (sijori.id) - Di Jepang, orang rela mengikuti kelas instruktur profesional untuk belajar cara tersenyum setelah terbiasa memakai masker. Tak tanggung-tanggung, kelas ini memiliki tarif 7.700 yen atau sekitar $55 per jam.

Permintaan akan layanan pelatihan senyum ini terus meningkat, salah satu instruktur yang memutuskan untuk membuka kelas adalah Keiko Kawano.

Kawano adalah seorang mantan pembawa acara radio, ia sekarang menjalankan perusahaan bernama "Egaoiku" yang memiliki arti "Perusahaan Senyum".

"Orang-orang belum mengangkat pipi mereka di balik masker dan berusaha keras untuk tersenyum. Sekarang mereka bingung" ungkapnya seperti dikutip oleh TrenAsia.com jejaring media sijori.id dari laman Business Insider, Selasa, 6 Juni 2023.

"Orang-orang melatih otot tubuh mereka, tetapi bukan wajah mereka," lanjutnya.

Selain kelas pelatihan senyum, Kawano juga menawarkan workshop pelatihan satu hari bagi mereka yang ingin menjadi pelatih senyum seperti dirinya. Kawano memasang tarif hingga 80.000 yen untuk workshop ini.

Kawano menjelaskan kepada New York Times, bahwa meskipun bisnisnya dilanda pandemi COVID-19, dia masih memiliki klien yang datang ke kelasnya. Bisnisnya meledak setelah aturan wajib masker dicabut. (*)

Tags SenyumBagikan

RELATED NEWS