Baru saja Menikah, eh, Sudah Ingin Kaya… Berikut Caranya

Pratiwi - Rabu, 21 Desember 2022 22:21 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Baru saja menikah, eh, sudah ingin kaya… Wajar ya…. Perlu diingat bahwa waktu bergerak cepat, dan masa pensiun dapat tiba sebelum Anda menyadarinya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang baru saja menikah, berikut beberapa tips membangun kekayaan yang tepat untuk Anda.

1. Rencanakan Masa Depan

Sebelum Anda melangkah, Anda bisa mulai menyamakan tujuan terlebih dahulu. Hal ini akan membantu memudahkan Anda dan pasangan untuk merencanakan masa depan dan bagaimana cara mendapatkannya. Keputusan tersebut juga akan memengaruhi soal tujuan karier Anda, berapa banyak anak yang akan Anda miliki, utang apa yang Anda tanggung, dan rencana pensiun.

2. Ketahui Hak yang Diterima

Saat Anda menjadi pasangan resmi, ada beberapa benefit dari asuransi tertentu yang bisa didapatkan untuk pasangan. Penting untuk mengetahui hal tersebut untuk memudahkan Anda ke depannya.

3. Lunasi Utang Berbunga Tinggi

Anda tidak akan segera meraih tujuan keuangan jika Anda masih berusaha untuk melunasi utang yang menumpuk. Oleh karena itu, cobalah untuk berfokus melunasi utang berbunga tinggi terlebih dahulu.

4. Hemat dengan Disiplin Menabung

Mungkin terlihat sulit untuk menyisihkan uang untuk masa depan di mana Anda juga harus mengelola pengeluaran rumah tangga. Namun, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengotomatiskan pemotongan dari rekening bank sebanyak 20 persen dari penghasilan Anda agar Anda bisa disiplin menabung. Sisihkan tabungan yang cukup setidaknya untuk tiga sampai enam bulan pengeluaran yang bisa digunakan sebagai dana darurat jika suatu saat kehilangan pekerjaan atau mengalami keadaan yang darurat.

5. Hati-hati dengan Pengeluaran Besar

Pembelian rumah dan mobil termasuk dalam pengeluaran besar. Anda harus berhati-hati dan cermat sebelum membeli kedua hal tersebut. Selain itu, Anda juga perlu mempertahankan gaya hidup dan mempertimbangkan untuk menginvestasikan kenaikan gaji Anda.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai pasangan muda yang baru saja menikah agar bisa meraih tujuan keuangan dan membangun kekayaan. (*)

Tags kayamenikahBagikan

RELATED NEWS