Batam akan Memiliki Jalan Layang Kedua

Pratiwi - Senin, 24 April 2023 08:41 WIB
Gambaran jalan layang yang akan dibangun

BATAM (sijori.id) - Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) Muhammad Rudi mengatakan, akan membangun jalan layang (flyover) dan peningkatan jalan dari Pura Agung – UIB hingga ke Simpang Laluan Madani.

Jika jadi ini akan menjadi jalan layang. kedua. Jalang layang pertama disebut laluan Madani. Dibikin oleh Kementerian PUPR.

Proyek ini, akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

“Jalan itu nanti akan dibangun dua lajur kiri dan dua lajur kanan. Nantinya juga akan ada flyover,” ujar Muhammad Rudi.

Ia menjelaskan, ruas jalan dari Simpang UIB ke Simpang Laluan Madani dan sebaliknya saat ini baru satu jalur dengan dua lajur.

Kedepannya akan dibangun menjadi dua jalur dengan dua lajur kanan dan dua lajur kiri. Dan ditambah dengan flyover yang membentang di atas ruas jalan dari Laluan Madani menuju UIB.

Jembatan Sei Ladi | BP Batam

“Nantinya masyarakat tidak perlu berhenti lagi. Begitu juga untuk kendaraan atau alat berat akan langsung naik ke flyover dan tidak boleh lagi melewati jembatan Sei Ladi,” katanya.

Jembatan Sei Ladi menghubungkan antar dua bibir waduh / dam Sei ladi. Waduk Sei Ladi dibangun oleh BP Batam (dulu bernama Otorita Batam) pada tahun 1985 dan mulai dioperasikan pada tahun 1986. Waduk ini terletak di kelurahan Baloi Indah, kecamatan Sekupang, kota Batam.

“Maka dari itu, nanti jembatan Sei Ladi hanya dilewati untuk kendaraan roda empat atau kendaraan ringan. Tapi kalau flyover ini boleh dilewati oleh semua kendaraan. Mulai dari roda empat, roda dua maupun alat berat,” jelasnya.

Gambaran Jembatan Layang yang akan dibangun. | BP Batam

Ia menambahkan, pembangunan ini salah satu upayanya untuk menghilangkan kemacetan di daerah tersebut. Terutama kemacetan yang sering timbul pada jam-jam sibuk di pagi hari maupun sore hari saat pulang kerja. (*)

Editor: Pratiwi

RELATED NEWS