Batam Logistic Ecosystem Mulai Beroperasi Desember 2020

Minka - Rabu, 14 Oktober 2020 00:54 WIB
ilustrasi undefined

BATAM (sijori.id) - Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) menyatakan implementasi Batam Logistic Ecosystem bakal mulai berjalan pada Desember 2020.

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan Bea Cukai Batam Zulfikar Islami mengatakan penerapan Batam Logistic Ecosystem juga untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, DJBC akan menjalankan perannya dalam mendukung Pemerintah Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau menjaga ketersediaan barang dan komoditas yang dibutuhkan masyarakat.

"Supaya tercipta kenyamanan pada masyarakat dan stabilnya harga-harga barang dan bahan pokok, apalagi dalam situasi pandemi ini," kata Zulfikar dalam keterangan tertulis, Selasa (13/10/2020).

Zulfikar menjelaskan Batam Logistic Ecosystem merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap perekonomian. Dengan implementasi tersebut, ia meyakini aktivitas ekspor-impor di Batam segera pulih.

Dia juga berharap implementasi tersebut akan membantu dan memperlancar arus barang sehingga ketersediaan logistik selalu terjaga dengan harga terjangkau sehingga dapat turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Saat ini, Batam telah melakukan piloting untuk mengimplementasikan autogate system agar arus lalu lintas barang makin mudah. Proses pembayaran juga sudah berjalan online dan terintegrasi dengan beberapa platform.

Persiapan Batam Logistic Ecosystem berjalan beriringan dengan penerapan Ekosistem Logistik Nasional (National Logistic Ecosystem/NLE) di beberapa daerah. Semua program tersebut diharapkan mampu meningkatkan kegiatan ekspor-impor.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Batam Jadi Rajagukguk mengapresiasi penerapan Batam Logistic Ecosystem. Menurutnya, pemulihan ekonomi memerlukan kerja sama yang baik dari semua stakeholders.

Bagikan

RELATED NEWS