Bertandang ke Bukit Watu Meja

Pratiwi - Selasa, 04 Juli 2023 13:10 WIB
Bukit Watu Meja

PURWOKERTO (sijori.id) - Bukit Watu Meja menjadi salah satu destinasi wisata yang letaknya masih berada dekat dengan Purwokerto. Berjarak kurang lebih 13 kilometer dari pusat Kota Purwokerto, destinasi wisata ini menawarkan panorama pemandangan yang sangat indah untuk dikunjungi. Tempat ini cocok menjadi lokasi untuk sekedar refreshing ataupun berburu foto bagi mereka yang memiliki hobi dan minat fotografi.

Pada mulanya, bukit ini hanyalah sebuah bukit biasa yang ditumbuhi tanaman pinus di tepian Sungai Serayu. Namun berkat kreativitas dari masyarakat sekitar, kawasan ini dibuka menjadi lokasi wisata dan menarik siapapun karena panorama yang disuguhkan sangat indah. Tidak heran jika kawasan ini kemudian kemudian ramai dikunjungi.

Daya tarik dari bukit yang berada di ketinggian kurang lebih 500 Mdpl ini yaitu kita dapat menikmati pesona Sungai Serayu dari atas ketinggian. Lika liku aliran Sungai Serayu yang berada di bawah bukit ini terlihat sangat jelas. Memang dari atas bukit ini pesona lembah Sungai Serayu akan tersingkap dengan jelas. Dari atas bukit ini kita juga dapat melihat jembatan kereta api Kali Serayu yang membentah panjang. Selain itu, terlihat pula rel kereta api dan jalan raya yang berliku dan membelah perbukitan.

Apabila kita datang pada waktu pagi dan sore maka dapat menikmati sunrise dan sunset yang sangat indah jika dipandang dari atas bukit ini. Deretan persawahan yang menghijau di tepian Sungai Serayu juga terlihat dari atas bukit ini dengan apik. Sebuah komposisi yang cocok untuk sekedar dinikmati dengan secangkir kopi maupun diabadikan dengan kamera sebagai produk fotografi.

Di samping daya tarik wisata ini yang mengesankan untuk dipandang, kawasan ini juga memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap. Terdapat gazebo untuk berteduh, toilet, tempat makan, dan spot foto tentunya. Harga tiket masuknya juga terjangkau karena untuk sekali masuk di destinasi wisata ini cukup dengan membayar tiket seharga Rp7.000,00.

Adapun lokasi Bukit Watu Meja secara administratif berada di Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Tepat di bawah bukit ini terdapat jalan raya yang menghubungkan Purwokerto – Kebasen. Adapun akses untuk menuju puncak bukit ini harus melawti kawasan hutan pinus terlebih dahulu. Disarankan untuk berhati-hati karena jalannya akan licin ketika memasuki musim hujan. (*)

Tags Bukit Watu MejaBagikan

RELATED NEWS