Berteman dan Tetap Profesional di Tempat Kerja

Pratiwi - Sabtu, 30 Desember 2023 18:22 WIB
null

(sijori.id) - Tempat kerja adalah tempat di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu. Sehingga, memiliki teman di tempat kerja bisa sangat bermanfaat untuk karyawan.

Coach persahabatan dan penulis buku “The Business of Friendship: Making the Most of the Relationships Where We Spend Most of Our Time” Shasta Nelson bahkan menyebut “pekerjaan adalah tempat nomor satu bagi kita untuk berteman karena kita memiliki kemungkinan tertinggi untuk berinteraksi dengan orang yang sama berulang kali“.

Sementara itu, Coach karier, kepemimpinan dan founder Inclusive Leadership Collective Nikki Innocent mengatakan memiliki seseorang untuk diajak berbicara di tempat kerja dapat membuat hari kita terasa lebih mudah.

Selain itu, saat ingin bercerita tentang sesuatu di kehidupan kerja, kita tidak perlu lagi menjelaskan ulang hal-hal yang terjadi layaknya kita bercerita kepada keluarga atau teman lain. “Karena mereka juga ada di sana,” kata Nikki.

Meski banyak membawa dampak positif, menjalin persahabatan di tempat kerja tidak selalu mudah karena menjaga keseimbangan peran pribadi dan profesional dapat terasa begitu sulit.

Berikut ini TrenAsia.com, jejaring media sijori.id merangkum cara menjalin hubungan pertemanan dan tetap profesional di tempat kerja.

1. Bersikaplah Terbuka untuk Berteman di Tempat Kerja

Bersikap terbuka dan mengambil kesempatan untuk terhubung dengan rekan kerja dapat mempermudah jalan Anda membangun pertemanan.

Karena Anda mungkin bisa mendapat teman di tempat yang tak terduga dalam tim Anda seperti di departemen lain, atau bahkan dalam interaksi klien atau vendor.

2. Mulailah Berbincang

“Berteman adalah tentang mengenal orang secara perlahan dan bertahap,” kata Nelson. Anda bisa memulai dengan obrolan ringan dan percakapan sederhana yang membantu Anda menemukan kesamaan minat.

Misalnya Anda bisa bertanya kepada rekan kerja tentang kegiatan akhir pekan atau hobinya. Ketika mereka berbagi sesuatu dengan Anda, Nelson menyarankan Anda untuk merespon dengan “Saya senang mengetahui hal itu tentang Anda,” untuk menciptakan ikatan dengan orang tersebut.

3. Berpartisipasi dalam Acara Kantor

Hadiri acara kerja lainnya selain rapat. Pesta kantor dapat membantu Anda menghabiskan waktu bersama rekan kerja dalam suasana yang lebih santai dan menyenangkan.

Anda juga dapat mengucapkan selamat ulang tahun kepada rekan kerja atau memberi ucapan selamat atas keberhasilan mereka di tempat kerja. (*)

Editor: Pratiwi
Tags KerjaBagikan

RELATED NEWS