Berwisata ke Watu Bale Pacitan

Pratiwi - Minggu, 10 Oktober 2021 23:11 WIB
Wisatawan melintasi jembatan gantung di Pantai Watu Bale, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu, 9 Oktober 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

PACITAN (sijori.id) - Dikenal dengan julukan Kota Seribu Satu Goa, Kota Pacitan memang banyak menyuguhkan keindahan wisata alam yang beragam. Letak geografisnya yang dekat dengan laut juga menarik karena terdapat banyak pantai dengan pemandangan mengagumkan.

Bappeda Jawa Timur menjelaskan melalui situsnya bahwa 85% area Pacitan terdiri dari perbukitan dan pegunungan. Tak heran jika banyak ditemukan wisata alam yang memesona. Perbukitan karst yang indah menyebar di sepanjang pantai Pacitan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Salah satunya adalah pantai Watu Bale yang terletak di desa Jetak kecamatan Kulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Seperti namanya Watu Bale yang berarti Batu Balai di area pantai ini menawarkan pemandangan batu khas pantai yang indah dan balai untuk mengunjung dapat bersantai dan menikmati keindahan pantai.

Jaraknya nya yang tidak jauh dari pusat Kota hanya sekitar 45 menit membuat akses menuju pantai ini sangat mudah dijangkau. Lokasi pantai juga startegis berada diantara dua pantai lainnya yaitu pantai Soge dan pantai Pidakan. Meski baru beberapa tahun dibuka pantai ini sudah menarik perhatian wisatawan, ditambah lagi fasilitas baru jembatan gantung yang menguji adrenalin pengunjung untuk melihat ombak langsung dari karang ditengah pantai.

Dari data Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, jumlah wisatawan di Kabupaten Pacitan mencapai 2.305.119 orang pada tahun 2019. Terdiri dari terdiri dari 1.211 wisatawan mancanegara dan 2.303.908 wisatawan domestik.

Akibat pandemi, sektor pariwisata di Pacitan terkena dampak yang merugikan. Tetapi, saat ini Pacitan berstatus PPKM Level 3 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021. Dilansir dari situs Kominfo Jawa Timur, pemerintah kabupaten Pacitan kini tengah mempersiapkan pembukaan tempat wisata.

Bagikan

RELATED NEWS