BP Batam Operasikan Alat Canggih HCVM X-Ray di Pelabuhan Batu Ampar

Pungki - Jumat, 14 Januari 2022 23:40 WIB
null

BATAM (sijori.id) - Badan Pengusahaan (BP) Batam, mengoperasikan alat canggih HCVM X-Ray Screening System untuk menggantikan mengabaikan Gamma Ray Container Scanner yang rusak di Pelabuhan Batuampar.

Kondisi terbaru di Pelabuhan Batuampar itu diungkap Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, Jumat (14/1 / 2022).

Gamma Ray Container Scanner yang dilakukan sepenuhnya oleh petugas dari pelabuhan pemegang PPR (Petugas Proteksi Radiasi), berdasarkan Surat Perintah Tugas (SPT) yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Pelabuhan Batam pada saat itu, rusak.

"Untuk perbaikannya dipandang sudah tidak lagi efisein, mengingat belanja perbaikan alat tersebut cukup besar. Kemudian, peran fungsi Gamma Ray Container Scanner sudah diperbaharui dengan HCVM X-Ray Screening System," ungkap pejabat BP Batam yang biasa dipanggil Tuti ini.

Gamma Ray Container Scanner diadakan Otorita Batam pada tahun 2005, dan dilaksanakan pengadaannya oleh PT. Mitrabuana Widyasakti. Semenjak diadakan alat scanning tersebut, petugas dari Bea dan Cukai memanfaatkannya dan disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengidentifikasi pelanggaran kepabeanan lalu lintas ekspor yang melalui pelabuhan Batu Ampar.

"Tapi sekarang sudah digantikan, karena beberapa alasan. Kita gunakan alat yang terbaru dan itu lebih efisien," tegasnya mengakhiri. (ap)

RELATED NEWS