Cara Content Creator Menghasilkan Uang dari Facebook

Pratiwi - Sabtu, 28 Oktober 2023 16:01 WIB
.

Facebook Kini Dilirik TikToker Sebagai Penghasil Uang


(sijori.id) - Facebook adalah tambang emas yang kerap dilupakan untuk meraih banyak uang. Seperti yang dilansir TrenAsia.com jejaring media sijori.id dari Business Insider pada Kamis, 26 Oktober 2023, My Nguyen, kreator di balik akun makanan dan resep viral MyHealthyDish mengatakan bahwa semua orang tampaknya lebih cenderung berfokus pada video pendek di TikTok dan YouTube serta melupakan Facebook.

Bagi para content creator yang telah memasukkan Facebook ke dalam bisnis konten mereka, raksasa media sosial yang sekarang tampak terpinggirkan ini justru menjadi peluang bagi segelintir tokoh selebriti untuk menghasilkan ribuan dolar.

Contohnya, Morgann Book yang merupakan seorang influencer lifestyle dengan 2,8 juta pengikut di TikTok. Antara September 2022 hingga Juli tahun ini, Book memperoleh lebih dari US$93.000 dari pembayaran Facebook untuk memposting reels ke aplikasi.

Awalnya, Morgann Book tidak menyangka masih ada yang menggunakan Facebook. Namun, pada akhirnya ia justru meraih banyak pengikut di platform tersebut.

“Saya berpikir tidak ada yang menggunakan Facebook, siapa yang ada di Facebook? Tapi ada banyak orang yang menggunakan Facebook,” kata Morgann Book, seperti yang dikutip Trenasia dari Business Insider pada Kamis, 26 Oktober 2023. Ia akhirnya mengumpulkan lebih dari 214.000 pengikut di platform dengan memposting ulang video dari TikTok-nya.

Sementara itu, Nuseir Yassin dari Nas Daily yang akunnya memiliki 7 juta pengikut di TikTok mengatakan kepada Insider pada tahun bahwa penghasilan bulanannya dari beberapa akun Facebook berjumlah antara US$60.000 atau Rp954 juta dan US$70.000 atau Rp1,1 miliar.

Perlu diketahui bahwa seperti hampir semua platform media sosial sejak tahun 2020, Facebook telah menggandakan alat monetisasi untuk kreatornya dengan memperluas kualifikasi dan menambah fitur-fitur baru.

Cara content creator menghasilkan uang dari Facebook

Berikut metode yang dilakukan oleh pembuat konten untuk meraih keuntungan melalui Facebook.

In-stream Ads

Program ini serupa dengan Program Mitra YouTube, yang akan membayar content creator atau pendapatan iklan yang dihasilkan dari video dan/atau streaming langsung.

Adds on Reels atau Iklan di Reels

Program yang memberikan potongan kepada content creator dari iklan overlay dan post-loop di Reels.

Program Bonus atau Insentif

Program ini seperti bonus kinerja yang menawarkan pembayaran kepada beberapa kreator hingga US$30.000 per bulan atau Rp477 juta berdasarkan jumlah keterlibatan yang diterima pada postingan Facebook di luar Reels atau Stories.

Alat Pembayaran Pengguna

Pengguna dapat memberikan bayaran kepada kreator dengan menggunakan alat pembayaran seperti bintang, suatu alat pemberian tip di Facebook atau melalui langganan.

Sebelumnya, Facebook dan Instagram juga memiliki program bonus Reels Play, di mana banyak content creator menghasilkan uang selama lebih dari setahun. Akan tetapi, program tersebut baru saja berakhir pada bulan Maret lalu. (*)

Tags facebookBagikan

RELATED NEWS