Cara Membuat Meal Prep Agar Biaya Makan Semakin Hemat

Pratiwi - Senin, 05 Juni 2023 02:10 WIB
5 Cara Meal Prep untuk Menghemat Biaya Makan Sehari-hari

JAKARTA (sijori.id) - Biaya makan adalah salah satu pos pengeluaran yang perlu Anda perhatikan. Untuk mengatasi hal itu, penting untuk melakukan meal prep.

Cara Membuat Meal Prep Agar Biaya Makan Semakin Hemat

1. Carilah Masakan yang Sederhana

Meal prep sebetulnya mudah, tapi Anda tetap perlu beberapa kali latihan untuk memahaminya. Cobalah untuk mempertahankan resep masakan yang sederhana dan akrab bagi Anda selama beberapa minggu saat Anda sedang belajar meal prep.

2. Buat Daftar Belanja

Rencanakan resep Anda untuk minggu ini lalu buat daftar belanja berdasarkan rencana tersebut. Pilih resep masakan yang akan Anda buat lalu periksa dapur dan kulkas terlebih dahulu untuk mengetahui bahan makanan apa yang sudah Anda miliki.

Anda juga bisa memulai membuat rencana resep masakan dengan melihat bahan-bahan yang sudah Anda miliki terlebih dahulu.

3. Pilih Resep Masakan yang Mudah

Lakukan riset lalu pilih beberapa resep yang membutuhkan bahan yang terjangkau dan tidak banyak. Pilihlah resep masakan yang membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkannya. Hal ini akan membantu Anda membuat banyak resep masakan sekaligus.

4. Tetapkah Hari untuk Meal Prep

Pilihlah hari yang dikhususkan hanya untuk membuat meal prep. Hal ini karena membuat meal prep sekaligus bisa sangat melelahkan apalagi jika Anda masih tergolong pemula dalam mempersiapkan makanan.

Anda bisa mencoba melakukan meal prep ketika libur seperti pada hari Sabtu dan memasak pada hari Minggu. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bisa tetap belanja dan meal prep dengan fokus serta menghindari pembelian secara impulsif.

5. Investasi Wadah Penyimpanan

Cobalah untuk membeli wadah penyimpanan meal prep berkualitas tinggi. Wadah yang ideal untuk menyimpan makanan berbentuk sup dan produk berbasis tomat adalah wadah kaca. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan wadah yang kedap udara, dapat dipanaskan dengan microwave, dan bebas BPA agar makanan tetap segar lebih lama.

Tags meal prepBagikan

RELATED NEWS