Cara Mencegah Gmail Menghapus Isi Email Anda

Pratiwi - Kamis, 23 Maret 2023 16:43 WIB
. undefined

JAKARTA (sijori.id) - Gmail adalah salah satu layanan perpesanan dari Google yang kerap digunakan oleh banyak orang baik untuk mengirim pesan atau untuk mendaftar suatu akun. Namun, jika Anda adalah pengguna Gmail, maka ada alasan bagi Anda untuk khawatir karena Gmail dapat menghapus semua email jika hal ini terjadi.

Seperti yang Anda ketahui, Gmail menyediakan ruangan penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang digunakan bersama baik untuk Google Drive atau Google Photos. Jika Anda kehabisan ruang penyimpanan gratis, maka Anda bisa meningkatkan ke langganan penyimpanan berbayar yang dapat Anda batalkan kapan saja.

Namun, jika Anda membatalkan paket penyimpanan berbayar ini, batas penyimpanan Anda akan disetel ulang ke standar. Namun, jika Anda membatalkannya dan email Anda melampaui batas penyimpanan, maka Gmail akan secara otomatis menghapus email Anda.

Selain itu, pengguna juga tidak akan dapat mengirim dan menerima gambar, serta email yang dikirim akan kembali ke pengirim. Tidak hanya itu, Google juga akan menghapus pesan atau email jika pengguna sudah tidak aktif selama 2 tahun atau lebih.

Hal itu sesuai dengan pernyataan dari Google seperti yang dilansir dari laman HT Tech, di mana mulai 1 Juni 2021 jika pengguna tidak aktif atau melebihi kota penyimpanan selama 2 tahun atau lebih, maka semua email dapat dihapus.

Namun, Anda bisa mencegah hal ini. Cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan beberapa tips berikut ini.

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus email promosi yang biasanya datang tidak berhenti apalagi ketika Anda memutuskan untuk berlangganan pada suatu layanan. Berikut caranya.

  • Pertama, masuk dengan akun Gmail di desktop atau laptop.
  • Kemudian, di bilah pencarian, cukup ketik ‘unsubscribe’ dan tekan enter.
  • Centang kotak yang ada di atas, untuk memilih semua email dengan tag ‘Unsubscribe’ ini.
  • Kemudian, Anda tinggal mengetuk tombol hapus dan semua email promosi akan dihapus. Jika Anda ingin menyimpan beberapa email yang menurut Anda berguna, Anda dapat membatalkan pilihan email khusus tersebut sebelum menekan tombol hapus. Namun, Anda harus membatalkan pilihan ini secara manual satu per satu. (*)
Tags GmailBagikan

RELATED NEWS