Cara Mengosongkan Internal Storage Ponsel Android

Pratiwi - Senin, 31 Juli 2023 21:51 WIB
.

(sijori.id) – Adalah penting untuk mengetahui cara membersihkan memori internal ponsel dengan baik seperti berikut ini.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar ponsel Anda memiliki internal storage yang tidak penuh.

1. Uninstall Aplikasi yang Jarang atau Tidak Digunakan

Cara termudah untuk mengosongkan memori internal di ponsel Android Anda adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Buka menu Settings atau Pengaturan ponsel Anda dan ketuk ‘Aplikasi’ atau ‘Apps’. Layar ponsel akan menampilkan daftar semua aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.

Scroll daftar tersebut dan cari aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk "Uninstall".

2. Kosongkan Cache

Cara lain untuk mengosongkan storage di ponsel Android Anda adalah dengan menghapus cache. Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan ponsel Anda untuk menyimpan data dari aplikasi.

Saat Anda menghapus cache, maka Anda menghapus semua data sementara yang disimpan di ponsel Anda. Untuk menghapus cache, buka menu Pengaturan atau Settings ponsel Anda dan ketuk ‘Storage’. Layar ponsel Anda akan menampilkan daftar semua file yang disimpan di ponsel Anda. Scroll ke bawah ke bagian ‘Cache’ dan ketuk "Clear cache".

3. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD

Jika Anda memiliki kartu micro SD, Anda dapat memindahkan beberapa aplikasi ke kartu tersebut untuk mengosongkan ruang penyimpanan internal ponsel Anda.

Untuk memindahkan aplikasi ke micro SD Anda, buka menu Pengaturan atau Settings di ponsel Anda dan ketuk Aplikasi atau Apps. Layar ponsel Anda akan menampilkan daftar semua aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.

Scroll daftar dan temukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke micro SD Anda. Tap aplikasi lalu ketuk Storage. Di bagian Penyimpanan, ketuk ‘Change’ lalu pilih micro SD Anda. Opsi ini akan memindahkan aplikasi ke kartu SD Anda.

4. Hapus Foto dan Video

Jika Anda memiliki banyak foto dan video yang disimpan di ponsel, Anda dapat menghapus beberapa di antaranya untuk mengosongkan memori internal ponsel.

Untuk menghapus foto dan video, buka aplikasi Galeri ponsel Anda. Scroll daftar dan temukan foto dan video yang ingin Anda hapus. Ketuk foto atau video lalu ketuk ikon tempat sampah.

5. Gunakan Layanan Cloud Storage

Jika Anda memiliki banyak file yang tidak perlu diakses setiap saat, Anda dapat menyimpannya di layanan penyimpanan cloud. Anda bisa memanfaatkan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive yang memungkinkan Anda menyimpan file secara online. (*)

Tags androidBagikan

RELATED NEWS