Cara Menyembunyikan Obrolan atau Chat WhatsApp

Pratiwi - Rabu, 30 November 2022 20:59 WIB
ilustrasi WhatsApp Business API | freepik

JAKARTA (sijori.id) - Saat ini pengguna smartphone baik iPhone dan Android dapat menyembunyikan obrolan atau chat WhatsApp tanpa harus menghapusnya.

Di dalam aplikasi WhatsApp mungkin ada obrolan atau chat tertentu yang tidak ingin Anda lihat atau pertahankan tapi juga tidak ingin Anda hapus. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan fitur yang ditawarkan WhatsApp yaitu archive atau arsip obrolan.

Fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk menyembunyikan chat atau obrolan pribadi dan grup dari daftar obrolan untuk mengatur percakapan dengan lebih baik. Fitur ini hanya mengarsipkan chat Anda tapi tidak akan menghapus chat atau mencadangkannya ke micro SD atau iCloud.

Obrolan baik individu atau grup yang telah diarsipkan akan tetap diarsipkan saat Anda menerima pesan baru dari obrolan individu atau grup tersebut. Selain itu, Anda juga tidak akan mendapatkan notifikasi untuk obrolan yang diarsipkan kecuali Anda disebut atau mendapatkan balasan.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp

1. Ketuk dan tahan obrolan yang ingin Anda sembunyikan.

2. Ketuk ‘Arsipkan’ di bagian atas layar.

3. Untuk mengarsipkan semua obrolan, di tab ‘Chat’ ketuk opsi ‘Lainnya’, ketuk ‘Pengaturan’.

4. Ketuk ‘Obrolan’ atau ‘Chat’ > ‘Riwayat Obrolan’ atau ‘History Chat’ > ketuk ‘Arsipkan Semua Obrolan’ atau ‘Archive All Chats’.

5. Jika Anda ingin melihat obrolan peribadi atau grup yang telah diarsipkan, gulir ke bagian atas layar Chats, ketuk ‘Diarsipkan’ atau ‘Archived’. Angka di sebelah tulisan ‘Diarsipkan’ atau ‘Archived’ akan menunjukkan berapa banyak obrolan individu atau grup yang diarsipkan memiliki pesan yang belum dibaca.

Itu tadi cara menyembunyikan obrolan atau chat di WhatsApp tanpa takut ketahuan atau harus menghapusnya terlebih dahulu. Selamat mencoba.

Editor: Pratiwi
Tags whatsappBagikan

RELATED NEWS