Cara Merekam Panggilan WhatsApp di Android

Pratiwi - Sabtu, 13 Januari 2024 22:32 WIB
WhatsApp

(sijori.id) - WhatsApp terus menunjukkan dominasinya sebagai aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp berhasil mencapai prestasi sebagai platform komunikasi yang sangat diminati.

Fitur-fitur di WhatsApp menawarkan kemudahan pengiriman foto dan video, komunikasi internasional, dan kemampuan untuk melakukan panggilan suara atau video.

Namun sayangnya berbeda dengan Zoom, WhatsApp tidak memiliki fitur bawaan untuk merekam panggilan. Untuk merekam panggilan WhatsApp, Anda perlu menggunakan aplikasi lain di ponsel Anda.

Di artikel berikut ini, kita akan belajar cara merekam panggilan di WhatsApp.

WhatsApp tidak mendukung perekaman panggilan secara langsung di versi ponsel atau desktopnya, tetapi jangan khawatir karena masalah ini bisa diatasi. Banyak metode terbaik untuk merekam panggilan WhatsApp dengan sederhana berikut beberapa diantaranya.

Cara sederhana: Aplikasi perekam suara

Jika Anda menggunakan ponsel Android, kemungkinan besar perangkat Anda sudah memiliki aplikasi perekam suara bawaan. Untuk metode ini, Anda dapat:

1. Mulai panggilan WhatsApp Anda.

2. Selama menggunakan smartphone yang mendukung multitasking, Anda bisa keluar dari panggilan WhatsApp tanpa mengakhirinya.

3. Buka aplikasi perekam suara Anda.

4. Tekan tombol rekam.

Panggilan Anda harus dalam mode speakerphone agar perekam dapat merekam kedua sisi panggilan, meskipun audio mungkin terdengar agak terdistorsi. Jadi langkah ini mungkin tidak memberikan hasil yang maksimal namun dapat digunakan dalam situasi darurat.

Pendekatan ini lebih cocok untuk panggilan suara, tetapi setidaknya bisa merekam audio panggilan video. Jika ponsel Anda tidak memiliki aplikasi perekam suara, Anda bisa menggunakan aplikasi Recorder dari Google.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur perekaman panggilan yang beragam dan bervariasi dalam hal fitur, biaya, dan kompatibilitas aplikasi.

Dikutip dari laman Digital Trends, salah satu opsi terbaik untuk merekam panggilan suara WhatsApp di Android adalah Cube Call Recorder, yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Aplikasi perekam panggilan ini bisa Anda gunakan secara gratis, sehingga Anda mungkin akan menemukan iklan selama menggunakanya.

Cube Call Recorder menawarkan perekaman otomatis panggilan masuk, serta perekaman panggilan melalui berbagai aplikasi termasuk WhatsApp.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur menarik seperti "shake-to-mark," yang memungkinkan Anda menggoyangkan ponsel untuk menandai momen penting dalam percakapan sehingga bisa dilihat kembali nantinya.

Selain itu Cube Call Recorder juga memiliki dukungan untuk mencadangkan rekaman ke cloud, serta "Mode Diam" yang memungkinkan Anda menyembunyikan widget perekaman dan aplikasi itu sendiri. (*)

Tags whatsappBagikan

RELATED NEWS