Cari Kerja Tanpa Gelar Pendidikan

Pungki - Jumat, 26 Agustus 2022 06:55 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) Apakah Anda bisa mendapatkan pekerjaan tanpa gelar. Lalu, apakah hal tersebut bisa dilakukan? Ini penjelasannya.

Anda mungkin bisa mendapatkan pekerjaan tanpa gelar. Namun, mungkin hal tersebut tampak lebih menantang dan berat. Jika pekerjaan yang Anda inginkan secara spesifik menyebutkan gelar yang dicari, Anda harus menunjukkan kepada rekruiter mengapa Anda adalah kandidat terbaik, misalnya dengan menyebutkan pengalaman profesional atau tingkat keahlian Anda.

Dengan menekankan informasi tersebut dalam surat lamaran, resume atau wawancara Anda bisa memiliki kemungkinan untuk menembus seleksi meski tidak memiliki gelar. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan tanpa gelar.

Cari Pekerjaan

Mulailah dengan hanya mencari pekerjaan yang Anda minati. Pertimbangkan minat dan pengalaman Anda, lalu temukan apakah ada pekerjaan yang cocok untuk Anda.

Baca Deskripsi Pekerjaan

Ketika Anda mencari pekerjaan, pastikan untuk membaca setiap deskripsi pekerjaan terutama persyaratan pendidikan untuk posisi tersebut. Di bagian tersebut, pemberi kerja biasanya akan mencantumkan jenis gelar yang mereka cari jika ada. Namun, jika pada deskripsi pekerjaan tidak menyebutkan gelar apapun, ini pertanda baik bahwa mungkin Anda tidak membutuhkannya.

Akan tetapi, jika pekerjaan tersebut memang menyebutkan spesifikasi pendidikan tertentu, lihat bagaimana rekruiter menggambarkannya. Beberapa pemberi kerja mungkin akan mencantumkan gelar sebagai sebuah kewajiban atau hanya lebih disukai. Jika di deskripsi menyebutkan “lebih disukai” itu artinya rekruiter menginginkan pelamar yang memiliki gelar tersebut, tapi tetap bersedia mempertimbangkan kandidat meski tanpa gelar yang diinginkan.

Tunjukkan Keahlian Anda

Tidak hanya menyusun resume yang bisa menyorot keahlian Anda, Anda juga perlu memberikan hasil kerja atau portofolio atau pengalaman kerja yang pernah Anda lakukan.

Cari Pekerjaan Serupa

Jika rekruiter tetap ingin agar kandidat memiliki gelar tertentu, Anda bisa mencoba mencari pekerjaan serupa di lowongan pekerjaan yang lain.

Mencari pekerjaan tanpa gelar mungkin akan tampak menantang. Akan tetapi, Anda bisa mencoba dulu dengan melakukan pekerjaan lain untuk membangun resume dan portofolio yang sangat berguna untuk lamaran kerja nanti.

Itu tadi beberapa cara menemukan pekerjaan bagi Anda yang tidak punya gelar. Selamat mencoba! (*)

Tags KerjaBagikan

RELATED NEWS