China Diprediksi akan Impor Gandum Ekstra Besar

Pratiwi - Rabu, 01 November 2023 18:31 WIB
null

CHINA (sijori.id) - China diprediksi akan mengimpor gandum dengan volume ekstra besar tahun ini. Kerusakan tanaman gandum akibat hujan dan kekhawatiran atas cuaca kering di negara-negara pengekspor mendorong Beijing untuk meningkatkan pembelian saat harga berada pada level rendah.

Para pedagang mengatakan pembelian China yang gencar ini kemungkinan akan mendukung harga global, yang telah turun lebih dari seperempat tahun ini. Hal itu berdasarkan harga patokan kontrak berjangka Chicago akibat pasokan berlimpah dari Rusia, yang merupakan salah satu pengekspor terbesar.

“Produsen dan konsumen gandum terbesar di dunia, China membeli sekitar dua juta metrik ton gandum Australia hasil panen baru pada Oktober, untuk pengiriman mulai Desember,” kata sumber perdagangan kepada Reuters, dikutip Selasa, 31 Oktober 2023.

Mereka juga telah memesan sekitar 2,5 juta metrik ton gandum Prancis sejak September, untuk pengiriman antara Desember hingga Maret. Jumlah ini luar biasa besar untuk sepanjang tahun ini.

“Secara keseluruhan, impor China untuk tahun 2023 diperkirakan akan mencapai sekitar 12 juta ton,” kata dua pedagang berbasis di Singapura, melebihi rekor tahun 2022 sebesar 9,96 juta ton, dan pembelian yang gencar ini diperkirakan akan berlanjut hingga tahun 2024.

“China mengalami masalah dengan kualitas panen tahun ini dan Australia, yang merupakan pemasok gandum utama ke China, akan memiliki panen yang jauh lebih kecil,” kata salah satu pedagang Singapura, yang berada di sebuah perusahaan internasional yang menjual gandum ke China.

“Mereka membeli sebanyak mungkin dan sesegera mungkin. Pasokan akhirnya menjadi semakin terbatas, terutama dari Australia,” kata pedagang itu.

China mengatakan panen gandumnya menyusut 0,9% tahun ini menjadi 134,5 juta ton, penurunan pertama dalam tujuh tahun meskipun areal diperluas. Ini setelah hujan lebat menghancurkan biji-bijian matang di wilayah pertumbuhan pusat utama tepat sebelum panen.

Beijing belum memberikan penilaian soal kualitas tanaman. Namun, menurut perkiraan dua pedagang Singapura dan satu pedagang di Sydney, sekitar 25 juta ton atau sekitar 20% hasil panen China tahun ini rusak akibat hujan.

Sebagian dari gandum yang rusak akibat hujan itu hanya cocok untuk pakan ternak atau untuk dicampur dengan gandum impor berkualitas lebih tinggi sebelum digiling menjadi tepung. Kementerian pertanian China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Produsen babi terbesar di dunia, Muyuan Foods China mendapat manfaat dari ketersediaan gandum yang rusak akibat hujan. Muyuan mengatakan kepada investor bahwa pembelian gandum berkecambah, yang terjadi ketika tanaman dewasa menjadi basah dan tidak dapat lagi digunakan untuk penggilingan, secara signifikan berkontribusi untuk menurunkan biaya produksi.

“Australia memiliki peluang untuk mengisi kesenjangan kualitas yang saat ini diderita China, terutama untuk penggilingan gandum berprotein tinggi,” kata Stefan Meyer, broker biji-bijian di StoneX di Sydney.

Sementara produksi gandum di Australia, pengekspor terbesar kedua di dunia, diperkirakan turun menjadi 26 juta metrik ton, turun dari rekor musim lalu 39,7 juta ton, karena kekeringan dari pola cuaca El Nino, kualitasnya lebih baik tahun ini karena cuaca kering. menghasilkan kandungan protein yang lebih tinggi.

Ma Wenfeng, analis senior di Konsultan Agribisnis Beijing Orient, mengatakan bagian yang lebih rendah dari panen gandum China, sekitar 20 juta ton, tidak cocok untuk penggilingan berkualitas tinggi, meskipun sebagian dapat digunakan setelah dibersihkan.

Ma dan orang lain di China mengatakan bahwa harga yang menarik adalah faktor utama dalam impor China. “Harga adalah alasan utama-harganya sangat murah,” kata Rosa Wang, analis di Shanghai JC Intelligence Co Ltd.

Rosa menilai China mungkin melihat risiko cuaca yang meningkat di negara-negara pengekspor utama dan membuat persiapan untuk tahun depan.

Lebih Banyak Lagi yang Akan Datang

Data bea cukai menunjukkan, impor gandum China pada periode Januari-September melonjak 53,6% menjadi 10,17 juta metrik ton, termasuk 6,4 juta ton dari Australia dan 1,8 juta ton dari Kanada. Angka tersebut tidak mencerminkan pesanan untuk pengiriman di masa depan, seperti pembelian gandum musim dingin soft red AS baru-baru ini.

Tidak seperti komoditas lainnya, impor gandum Australia dari China sebagian besar tidak terpengaruh oleh ketegangan bilateral antara kedua pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Memang, ketegangan itu telah mereda dalam beberapa bulan terakhir.

“Pembelian besar-besaran Beijing dari Australia dapat memaksa importir saingan seperti Indonesia dan Jepang untuk mencari alternatif dari Amerika Utara dan wilayah Laut Hitam,” kata para pedagang.

“Pembelian gandum China telah menstabilkan harga gandum global,” kata salah satu pedagang Singapura. “Tapi kami memperkirakan harga akan naik ke depan, ketika China mulai mengambil lebih banyak volume gandum berkualitas lebih tinggi dari AS karena pasokan Australia akan semakin ketat,” kata pedagang itu.

Mengingat produksi yang lebih rendah di Australia, para pedagang dan analis mengatakan China kemungkinan akan mengimpor gandum Prancis dalam volume yang jauh lebih tinggi dalam beberapa bulan mendatang. (*)

Tags ChinagandumBagikan

RELATED NEWS