Danau Toba Kembali jadi Tuan Rumah F1 Powerboat

Pratiwi - Sabtu, 10 Februari 2024 11:26 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H20) yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, pada tanggal 2-3 Maret 2024. Perhelatan bergengsi ini tidak hanya akan menjadi sorotan global dalam dunia olahraga, tetapi juga mengangkat potensi pariwisata Indonesia di mata dunia.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menegaskan bahwa sinergi antara BUMN akan menjadi pendukung dalam menyukseskan acara internasional tersebut.

"Kita kolaborasi dan kerja sama sehingga kita bisa menjadi penyelenggara yang terbaik. Danau Toba jadi mendunia dan ini merupakan support dari seluruh teman-teman BUMN, salah satunya PLN yang telah menyediakan listrik dengan optimal," ujar Kartika, dilansir siaran pers, Kamis, 8 Februari 2024.

PLN akan penyediaan listrik yang optimal untuk mendukung gelaran ini. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa pasokan listrik untuk perhelatan F1 Powerboat tahun 2024 berasal dari pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), yaitu pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Hutaraja dan PLTMH Aek Silang 2.

Hal ini sejalan dengan upaya PLN dalam mendukung green sport tourism serta memperkuat komitmen Indonesia terhadap keberlanjutan lingkungan.

Tidak hanya menjadi ajang olahraga internasional, perhelatan ini juga diharapkan dapat menjadi magnet pariwisata dengan mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas Indonesia.

"Ajang-ajang internasional menjadi wajah Indonesia di mata dunia. Untuk itu kami siap mengamankan kelistrikan di lokasi gelaran F1 Powerboat, termasuk lokasi fasilitas pendukungnya,” ungkap Darmawan.

Diharapkan, meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar Kawasan Danau Toba.

PLN juga telah melakukan persiapan menyeluruh untuk memastikan kelancaran acara ini. Selain menyediakan infrastruktur kelistrikan yang memadai, PLN juga telah melaksanakan apel siaga dan simulasi pengamanan guna memastikan keamanan dan kelancaran jalannya acara.

Perhelatan F1 Powerboat di Danau Toba menjadi momentum penting dalam mempromosikan potensi pariwisata Indonesia serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan sumber energi terbarukan dalam mendukung acara-acara internasional. (*)

Tags F1 PowerboatBagikan

RELATED NEWS