Dilarang Bagi Akun, Pelanggan Netflix Merosot

Pratiwi - Minggu, 30 April 2023 08:04 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Netflix menerapkan berbagai solusi dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, termasuk menawarkan harga langganan yang lebih murah dengan iklan dan menargetkan pengguna yang membagikan detail login mereka dengan orang lain. Netflix juga berharap beberapa dari pengguna tersebut untuk mulai membayar langganan mereka sendiri.

Seperti yang dilansir dari laman Gizchina, di Spanyol Netflix telah menerapkan biaya bulanan sebesar Rp96.961 bagi pengguna yang membagikan detail login mereka dengan orang di luar rumah mereka. Netflix bahkan juga telah menerapkan solusi teknis untuk mendeteksi adanya tindakan berbagi akun.

Namun, ternyata langkah-langkah tersebut tidak diterima dengan baik oleh pengguna yang akhirnya menyebabkan penurunan pelanggan secara tajam.

Dominic Sunnebo, direktur divisi konsumen di Kantar Worldpanel, mengatakan penyebab penurunan pelanggan ini karena kebijakan baru perusahaan tentang berbagi akun. Lembaga penelitian tersebut mengungkapkan bahwa dua pertiga dari satu juta pengguna Spanyol yang meninggalkan Netflix menggunakan kata sandi orang lain.

Hal tersebut ternyata berdampak signifikan pada pendapatan perusahaan, karena pengguna tidak membayar langganan mereka sendiri.

Meski begitu, Netflix telah berusaha meyakinkan dirinya sendiri dengan menyatakan bahwa penurunan pelanggan ini bersifat sementara dan perusahaan berfokus untuk mengubah pengguna ini menjadi pelanggan yang membayar.

Netflix juga diketahui telah mengubah strateginya dari berfokus pada peningkatan jumlah pengguna menjadi peningkatan profitabilitas. Bahkan jika itu berarti kehilangan beberapa pelanggan.

Selain itu, Netflix terus meluncurkan sistem biaya bulanan tambahannya untuk akun bersama di luar rumah di beberapa negara, termasuk Portugal, Kanada, Selandia Baru dan beberapa negara Amerika Latin. Netflix tampaknya tetap melangkah dengan hati-hati, tetapi bertekad untuk meningkatkan profitabilitasnya, bahkan jika itu berarti kehilangan beberapa pengguna. (*)

Tags netflixBagikan

RELATED NEWS