Duit Kerap Jadi Masalah dalan Hubungan dengan Pasangan

Pratiwi - Rabu, 29 Maret 2023 14:58 WIB
ilustrasi | freepik

JAKARTA (sijori.id) - Finansial sering menjadi topik masalah utama dalam hubungan romatis. Salah satu akar dari permasalahan ini adalah betapa berbedanya orang dibesarkan untuk berpikir tentang menabung, membelanjakan uang, dan berinvestasi.

Ketika ketakutan mendasar kita tentang uang bertentangan dengan pasangan, maka tak dapat dihindari konflik akan muncul.

Misalnya ketika Anda takut kehabisan uang sehingga termotivasi untuk menabung sebanyak mungkin sedangkan di sisi lain, pasangan Anda takut terlihat tidak sukses sehingga ia menghabiskan banyak uang untuk menjaga penampilan.

Seperti yang diungkap Susan Heitler, seorang psikolog dan penulis buku The Power of Two: Secrets to a Strong and Loving Marriage yang mengatakan kepada Psychology Today "Banyak terapis percaya masalah keuangan adalah topik konflik nomor satu. Heitler juga menambahkan penyebab konflik ini "Sikap terhadap uang seringkali mencerminkan keadaan umum suatu hubungan".

Jadi, penting untuk Anda dan pasangan mengidentifikasi dinamika yang mendasari konflik kalian. Setelah menemukan akar konfliknya, cobalah untuk mendisksuikannya dan mencari solusi daripada terus mengulang argumen untuk konflik yang sama. (*)

Tags duitBagikan

RELATED NEWS