Ekspor Batam ke Amerika Serikat USD1.800 juta

Pratiwi - Minggu, 18 April 2021 22:20 WIB
Salah satu negara tujuan ekspor yang mengalami peningkatan signifikan yakni Amerika Serikat, 92,65 persen dengan nilai ekspor USD1.800 juta. undefined

BATAM (sijori.id) - Total ekspor Batam sepanjang tahun 2020 mengalami peningkatan hingga 8,51 persen. Salah satu negara tujuan ekspor yang mengalami peningkatan signifikan yakni Amerika Serikat, 92,65 persen dengan nilai ekspor USD1.800 juta.

Data ini dipaparkan oleh Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar, saat menerima kunjungan Ditjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

"Sepanjang 2020, realisasi penanaman modal asing mencapai 1.700 proyek, dengan nilai investasu USD643 juta," katanya, Jumat (16/4/2021) dalam rilisnya.

Selain memaparkan mengenai nilai investasi dan eskpor. Dendi juga menyampaikan potensi-potensi yang ada di Batam. Selain itu, Dendi memaparkan recana pembangunan infrastuktur dan perkembangan investasi.

Direktur Amerika II Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Darianto Harsono menyatakan Batam dapat lebih berkembang lagi. Oleh sebab itu, ia memperkenalkan sebuah platform digital, yang akan meningkatkan interaksi dengan para pemangku kepentingan di Amerka Latin dan Karibia.

“Tujuan kami hadir di Batam hari ini adalah untuk berkenalan lebih jauh dengan Batam untuk mempromosikan Batam kepada mitra Indonesia, terutama di kawasan Amerika Latin dan Karibia,” ucap Darianto.

Darianto mengatakan platform digital iyu bernama INA-LAC (Indonesia-Latin America and the Caribbean). Platform ini diharapkan terjadinya interaksi secara virtual, antara kedua wilayah.

"Selain itu, bisa saling mengenal potensi masing-masing (negara)," ujar Darianto.

Ia mengatakan sektor potensial yang menjadi andalan Batam yang dapat dikembangkan melalui kerja sama dengan Amerika Latin adalah sektor pendidikan vokasi, industri kreatif, dan perdagangan.

“Kami berharap, baik Ditjen Amerika dan Eropa maupun BP Batam, dapat menjadi jembatan kerja sama dengan pengusaha asing, guna meningkatkan perekonomian Indonesia,” tuturnya. (*)

Tags bp batamBagikan

RELATED NEWS