Fortescue Investasi US$750 Juta dalam Proyek Ramah Lingkungan

Pratiwi - Rabu, 22 November 2023 05:50 WIB
Kendaraan Otonom Melaju di Sepanjang Jalan Saat Mengumpulkan Bijih Besi di Tambang Fortescue Metals Group (FMG) Australia (Reuters/Melanie Burton)

JAKARTA - Perusahaan pertambangan bijih besi Australia, Fortescue (FMG.AX) menyetujui perkiraan total investasi sekitar US$750 juta selama tiga tahun ke depan untuk dua proyek energi hijau dan satu proyek baja hijau. Hal itu sebagai upaya perusahaan untuk menjadi produsen energi bersih kelas atas.

Fortescue menyetujui investasi di pusat hydrogen Amerika Serikat (AS) di Phoenix, Arizona, proyek hidrogen hijau Gladstone 50 megawatt di Queensland, Australia, dan pabrik komersial uji coba besi Christmas Creek green di Australia Barat.

Sekitar US$550 juta akan digunakan untuk mengembangkan fasilitas elektrolisis dan likuifikasi di Phoenix, di mana produksi pertama hidrogen hijau cair ditargetkan pada tahun 2026.

Pembuat bijih besi terbesar keempat di dunia, yang memperluas produksi hidrogen dari sumber daya terbarukan dengan unit Fortescue Energy, mengatakan juga telah memutuskan untuk mempercepat proyek di Brasil, Kenya, dan Norwegia. “Ini positif karena tidak mengubah informasi menjadi beberapa informasi,” kata analis David Coates dari Bell Potter di Sydney, dikutip dari Reuters, Selasa, 21 November 2023.

“Masih sulit untuk menghitung seperti apa pengembalian investasi nantinya. Saya pikir beberapa kekhawatiran pasar akan hilang karena investasi modal yang dibutuhkan sangat minim dalam skema tersebut.” Fortescue meningkatkan dorongannya ke pasar AS.

Dalam beberapa hari terakhir, mereka telah mengumumkan rencana untuk mendirikan pusat manufaktur canggih di Michigan dan kantor di New York, Fortescue Capital, untuk menarik lebih banyak investasi ke perusahaan energi ramah lingkungannya.

Di bawah rencana untuk meningkatkan bisnis energi hijaunya, Fortescue mengatakan pada Agustus akan berhenti mengalokasikan 10% dari laba bersihnya ke unit tersebut. Sebaliknya, proyek dan investasi akan bersaing untuk mendapatkan alokasi modal, dengan arus tambahan dari investor luar. Fortescue mengharapkan untuk memegang saham 25% hingga 50% dalam proyek dengan investor luar.

Pada rapat umum tahunan hari Selasa, pemegang saham memberikan suara menentang resolusi remunerasi setelah dewan menyetujui pembayaran khusus kepada eksekutif yang pension, yang menurut para penasihat tidak sejalan dengan praktik industri.

Saham Fortescue naik 1% pada Selasa di pasar yang kuat untuk penambang bijih besi, sementara rekan-rekannya, BHP (BHP.AX) dan Rio Tinto (RIO.AX), masing-masing naik 1,5% dan 2%. (*)

Tags FortescueBagikan

RELATED NEWS