Gebyar Melayu Pesisir, 3 – 31 Maret 2021 di Gedung Dekranasda Batam

Pratiwi - Kamis, 04 Maret 2021 05:46 WIB
Dari kiri: Walikota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Gubernur Kepri, Ibu Marlin Agustina dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K. Atmaja. undefined

BATAM (sijori.id) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Bank Indonesia Kepri) bersama Pemerintah Kota Batam khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan Gebyar Melayu Pesisir di Batam.

Pada kegiatan Gebyar Melayu Pesisir yang digelar pada tanggal 3 – 31 Maret 2021 di Dekranasda Batam, akan dilakukan pameran produk-produk 45 UMKM unggulan Batam dan Kepri yang telah lolos kurasi seperti kain, kriya dan juga olahan makanan maupun minuman, dan sharing antar-UMKM “WUBI Talks”.

Pembukaan acara ini disandingkan dengan peresmian galeri Dekranasda Kota Batam yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Ibu Marlin Agustina dan disaksikan oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K. Atmaja, dalam kegiatan tersebut menyampaikan dukungan Bank Indonesia Kepri terhadap kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (GBWI) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) diantaranya melalui showcasing produk UMKM unggulan. Para UMKM harus dapat meningkatkan “3K”, yaitu kualitas, kuantitas dan kontinuitas sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas serta survive di pasar domestik dan ekspor.

Pada era digital, UMKM juga dituntut untuk memasarkan produknya melalui platform e-commerce dan dari aspek pembayaran juga harus diimbangi dengan sistem pembayaran yang menunjang seperti penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Melalui QRIS, pembayaran dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Selain itu, penggunaan QRIS dapat meningkatkan credit profile dan semakin mendekatkan UMKM dengan perbankan.

Gebyar Melayu Pesisir diharapkan dapat menjadi kegiatan tahunan yang merupakan puncak pembinaan dan pemberian penghargaan terhadap UMKM di Kepri. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian event KKI seri 1 tahun 2021 yang penyelenggaraannya difokuskan Bank Indonesia di Mandalika, NTB. KKI tahun 2021 akan dilaksanakan dalam 3 seri baik secara luring maupun daring dengan mengangkat tema “Sinergi, Globalisasi dan Digitalisasi UMKM Sektor Pariwisata”.

KKI dan Gebyar Melayu Pesisir tahun 2021 diselenggarakan Bank Indonesia dalam semangat yang sama untuk meningkatkan kebanggaan terhadap produk lokal, bangga berwisata di Indonesia dan transformasi digital UMKM. Pengembangan UMKM menjadi tanggung jawab bersama para pembina UMKM yang mencakup Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Pemerintah maupun Swasta. Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan terhadap GBBI, GBWI dan transformasi digital UMKM, seluruh lapisan masyarakat dihimbau untuk menggunakan produk UMKM lokal khususnya UMKM Provinsi Kepulauan Riau dan melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS.

(*)

Bagikan

RELATED NEWS