Hindari Post Holiday Blues

Pratiwi - Sabtu, 15 April 2023 10:49 WIB
null

(sijori.id) - Post holiday blues atau kesedihan pasca liburan merujuk pada tekanan mental, kecemasan, dan kesedihan jangka pendek yang muncul setelah liburan. Setelah liburan, kembali ke rutinitas sehari-hari bisa terasa menyusahkan dan memicu kecemasan. Perasaan negatif ini memang sifatnya sementara namun tetap saja dapat mengganggu fokus bekerja dan produktivitas Anda.

Melansir dari laman website Psychology Today pada Jum'at, 14/4/2023 berikut adalah 3 cara yang bisa Anda lakukan agar tidak terkena post holiday blues:

1. Beri diri Anda setidaknya setengah hari setelah liburan sebelum kembali bekerja

Sebelum hari kerja tiba, luangkan setengah hari liburan Anda untuk membongkar, mencuci pakaian, dan mengisi kulkas dengan makanan.

Hal ini membantu diri Anda untuk siap kembali ke rutinitas sehari-hari. Selain itu waktu istirahat Anda setelah pulang kerja juga menjadi lebih banyak.

2. Batasi rapat dan janji pertemuan di minggu pertama kembali bekerja

Saat mulai kembali bekerja Anda harus fokus menangani inbox email yang membludak dan mulai mengatur prioritas Anda.

Di waktu-waktu seperti ini, hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilah tugas dari yang paling mendesak hingga yang tidak mendesak.

3. Tingkatkan kesenangan Anda di minggu pertama kembali bekerja

Apa yang biasanya membuat Anda senang saat bekerja? apakah pergi keluar untuk makan besama teman-teman Anda? Jika iya, maka lakukanlah.

Perasaan sedih setelah liburan bisa terjadi karena Anda langsung bekerja setelah menghabiskan hari-hari yang seru dan menyenangkan.

Maka, luangkanlah sedikit waktu untuk bermain kembali di minggu pertama Anda bekerja. Hal ini dapat membantu Anda untuk merasa bahagia dan bersemangat meskipun liburan telah berlalu. (*)

Tags Post holiday bluesBagikan

RELATED NEWS