Huawei Luncurkan Mobil Listrik, Diberi Nama Luxeed

Pratiwi - Kamis, 10 Agustus 2023 23:24 WIB
Penampakan mobil Huawei Luxeed


SHENZEN (sijori.id) - Huawei rilis mobil listrik diberi nama “Luxeed”. Melansir dari HC Newsroom, CEO Huawei Smart Car Business, Yu Chengdong, pada 7 Agustus 2023, mengumumkan mobil listrik pertama dari bisnis smart car Huawei akan dilengkapi dengan perangkat lunak terbaru yang dikembangkan Huawei, HarmonyOS 4. Chengdong juga menyebutkan, “mobil listrik ini akan menjadi kategori baru mobil pintar. Ini akan mengadopsi bahasa desain subversif, membawa pengalaman coupe di luar imajinasi.”

Belum ada pengumuman yang menyebutkan tanggal peluncuran mobil ini, namun Chengdong menyebutkan mobil pertama Huawei ini akan diresmikan pada kuartal ketiga tahun ini atau sekitar Juli hingga September.

Dalam gambar yang telah tersebar, mobil Luxeed ini nantinya akan berbentuk sedan dan bentuk depan yang simetris. Mobil ini memiliki grill tertutup kemudian nantinya logo Luxeed akan ditempelkan di atas strip lampu depan. Mobil listrik ini mengadopsi gagang pintu tersembunyi seperti milik Tesla.

Hal istimewa dari desain mobil ini ada pada bagian atas depan mobil yang dilengkapi dengan LIDAR yang akan ditenagai dengan Huawei ADS 2.0 high-level smart assisted driving technology dengan HarmonyOS 4.

Selain itu, kokpit dari mobil ini juga dirancang istimewa dengan ditenagai HarmonyOS 4. Huawei secara resmi mengumumkan bahwa HarmonyOS 4 telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang khusus dirancang untuk sistem infotainment sebuah smart car.

Layar di dalam mobil memiliki kemampuan yang telah ditingkatkan dengan kemampuan kolaborasi multi-perangkat. Dengan satu sentuhan, konten yang ada di layar dapat dibagikan ke layar di kursi belakang. Sama halnya, baik penumpang di bagian depan maupun belakang dapat menikmati menonton film secara bersamaan.

Peluncur aplikasi juga telah ditingkatkan untuk mendukung lebih banyak aplikasi dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih kaya. Sebagai contoh, Anda dapat membuka permainan seluler melalui Super Launcher di layar besar di kokpit. Kolaborasi antara layar besar, speaker, dan kontrol Huawei telah diciptakan untuk memastikan pengalaman bermain game seluler mirip dengan menggunakan konsol.

Dengan semua fitur dan kemampuan tersebut, sedan Huawei LUXEED memiliki fitur yang menakjubkan dan mampu memberikan pengalaman luar biasa dalam kategori kendaraan listrik.

Chengdong sendiri belum menjelaskan secara detail pabrikan mana yang menjadi mitra Huawei dalam menciptakan mobil listrik ini. Namun, terdapat spekulasi bahwa perusahaan bekerja sama dengan pabrikan mobil asal China, Chery.

Spekulasi tersebut muncul karena kemiripan mobil Huawei ini dengan lini mobil milik Chery yang bernama Exceed. Bahkan ada yang menyebutkan Luxeed adalah singkatan dari “Luxury Exceed” atau versi mewah dari Exceed. (*)

Tags LuxeedHuaweiBagikan

RELATED NEWS