Hygge, Cara Bahagia ala Orang Denmark

Pratiwi - Sabtu, 30 September 2023 11:04 WIB
null

(sijori.id) - Kata hygge secara kasar diterjemahkan sebagai kesejahteraan. Hygge adalah pola pikir yang secara tradisional dipraktikkan oleh orang Denmark selama musim dingin untuk membantu menghadirkan perasaan ringan, nyaman, dan hangat dalam kehidupan sehari-hari bahkan saat cuaca gelap.

Hygge adalah konsep gaya hidup untuk menikmati hal-hal sederhana dan menyediakan waktu untuk orang-orang dan kegiatan yang dapat membuat Anda bahagia. Dengan menjalani pola pikir ini setiap hari, maka dapat membantu menciptakan perasaan bahagia, puas, dan sejahtera.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa berbahagia seperti orang Denmark.

1. Hadir

Saat Anda menjalani kegiatan sehari-hari, cobalah untuk tetap fokus dan hadir pada saat itu. Cobalah untuk memperhatikan pemandangan, suara, bau, dan tekstur semua hal yang ada di sekitar Anda.

Hal ini bisa jadi rumit karena pikiran kita memang cenderung sibuk mengembara. Namun, hal ini dapat menjadi lebih mudah jika Anda rutin melakukannya. Dengan menerapkan hal ini maka Anda akan mampu mengapresiasi lebih dalam terhadap hal-hal sederhana yang Anda temui setiap hari.


2. Ciptakan Lingkungan Rumah yang Membuat Anda Merasa Nyaman

Seperti kata pepatah ‘rumahmu adalah istanamu’, elemen penting dari hygge adalah menciptakan lingkungan hidup yang menginspirasi Anda dan membuat Anda merasa harmonis. Meski Anda tidak memiliki uang cadangan untuk mendekorasi ulang seluruh rumah, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan ruangan yang Anda sukai, seperti merapikan ruangan, dan menggunakan seprai bagus di tempat tidur setiap hari.

3. Temukan Keseimbangan Antara Bekerja dan Hidup Sehat

Hal ini ampaknya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, perubahan sederhana ini dapat membawa lebih banyak keseimbangan dan kesenangan dalam hidup Anda.

Anda bisa melakukannya misalnya dengan menentukan hari dalam seminggu di mana Anda meninggalkan kantor tepat waktu dan pastikan Anda menghabiskan waktu luan ekstra yang berharga tersebut untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia.

4. Bersyukur

Rasa syukur adalah bagian penting dari pola pikir hygge dan mudah untuk dipraktikkan. Bersyukur terutama atas nikmat kecil di hari Anda akan membantu mengubah perspektif Anda agar tidak terlalu fokus pada peristiwa negatif.


5. Lakukan Rutinitas untuk Bersantai

Aktivitas ini akan sangat berguna setelah Anda seharian bekerja keras. Daripada menghilangkan stres dengan menikmati minuman dan konten baru dari platform streaming video, Anda bisa menciptakan aktivitas sederhana lainnya yang akan membantu Anda lebih bersantai. Contohnya, seperti meredupkan lampu, mematikan kebisingan, dan seduh secangkir teh atau kopi. Anda juga bisa menggunakan sprai favorit di tempat tidur dan membaca buku favorit Anda. (*)

Tags denmarkHyggeBagikan

RELATED NEWS