Imlek, di Batam Dingkis, di Jakarta Bandeng

Pratiwi - Minggu, 30 Januari 2022 23:41 WIB
Pedagang ikan bandeng berukuran besar yang hanya berjualan musiman menjelang imlek di kawasan Pasar Rawa Belong,Minggu 30 Januari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

JAKARTA (sijori.id) - Imlek datang, di Batam dan Kepri pada umumnya, Ikan Dingkis banyak dicari. Harganya pun bisa melambung. Nah, di jakarta bukan Dingkis tetapi Bandeng.

Seperti nampak pada pedagang ikan bandeng di Rawa Belong, Jakarta Barat, ramai dikunjungi masyarakat jelang perayaan Tahun Baru Imlek. Saking ramainya seorang pedagang, mengaku bisa menjual sekitar 200 kilogram ikan bandeng.

Ikan yang dijual memang beda dari biasanya, ukurannya yang super jumbo membuat ikan bandeng ini nampak menggugah selera. Menurut para pedagang bandeng ini lebih banyak kandungan minyaknya di perut, lebih gurih, dagingnya juga lebih tebal.

Harga ikan bandeng di pasar Rawa Belong memang lebih mahal dari biasanya karena kualitas yang berbeda tadi. Harganya variatif antara per kilogram Rp 60.000 sampai Rp 75.000 berbeda dengan bandeng biasa yang hanya Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per kilogram.

Ikan bandeng ini memang dibudidaya dan dipanen khusus untuk momen menjelang Imlek. Para penambak memelihara ikan bandeng ini selama setahun dan baru dipanen saat ini. Tak heran beratnya 2 kilogram, bahkan mencapai tujuh kilogram.Ikan ini umumnya berasal dari tambak di kawasan Cilincing. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Tags imlekBagikan

RELATED NEWS