Indonesia Bangun Pusat Data di Batam

Pratiwi - Selasa, 20 April 2021 22:31 WIB
ilustrasi data center. (pixabay) undefined

TANJUNGPINANG (sijori.id) - Pemerintah RI akan membangun dua data center nasional di Batam. Yaitu di kawasan Jembatan I Barelang dan juga di Nongsa. Di Jembatan I Barelang. Disana disediakan lahan sekitar 2 hektar, untuk pembangunan data center tersebut.

“Ini penting, karena nanti semua data-data nasional akan disatukan di lokasi-lokasi ini. Selama ini kan data-data nasional masih terpisah-pisah. Nanti akan disatukan,” jelas Kadis Kominfo Kepri, Drs. Zulhendri.

Batam dipilih sebagai lokasi data center nasional, karena kota ini menjadi lokasi pertemuan jaringan internet nasional dan internasional dari Singapura.

Hal ini terungkap dari rencana kunjungan Menteri Kominfo, Johnny G Plate yang dijadwalkan akan mengunjungi Kepulauan Riau pada Kamis dan Jumat pekan ini. Menteri Kominfo akan melakukan peletakan batu pertama, pada sejumlah proyek di Natuna dan Batam.

“Iya, Pak Menteri Kominfo akan berkunjung ke Kepri selama dua hari untuk melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya melakukan peletakan batu pertama pembangunan BTS di Natuna dan juga pembangunan pusat data (data center) nasional di Batam,” ujar Kadis Kominfo Kepri, Drs. Zulhendri, M.Si, Senin (19/4/2021).

Untuk pembangunan BTS wilayah Sumatera, Menteri Kominfo akan melakukan peletakkan batu perttama di Natuna.

Pada 2021 dan 2022, akan dibangun 76 BTS diseluruh Kepri. Dengan rincian 35 BTS dibangun oleh pemerintah dan sisanya dibangun oleh operator selular.

Natuna kebagian 27 BTS. Dimana 17 titik merupakan BTS non regular atau non komersial, yang dibangun menggunakan anggaran pemerintah. Sedangkan 10 BTS lainnya adalah BTS regular atau komersil, yang dibangun oleh operator selular.

Selama di Natuna, menteri juga akan meninjau pemanfaatan jaringan internet dari Palapa Ring Barat di Natuna Geopark.

“Keesokan harinya baru menteri melakukan sejumlah kegiatan di Batam,” tambah Zulhendri.

Dimulai dengan mengunjungi lokasi pembangunan data center nasional. (*)

Tags data center Bagikan

RELATED NEWS