Ini 4 Vaksin Virus Corona yang Dinyatakan Efektif

Minka - Jumat, 27 November 2020 18:47 WIB
Ilustrasi undefined

BATAM (sijori.id) – Perkembangan vaksin virus corona (Covid-19) dalam kurang dari 12 bulan terakhir memberikan hasil awal yang menggembirakan.

Sejumlah pengembang telah mengumumkan hasil bahwa vaksin mereka efektif melawan virus corona baru.

Sejauh ini, ada empat vaksin utama yang telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam melindungi orang dari Covid-19.

Keempat lembaga dan perusahaan itu adalah Pfizer-BioNTech, Oxford-AstraZeneca, Moderna, dan Gamaleya Sputnik V.

Lebih rinci, vaksin Moderna yang menggunakan teknologi mRNA terbukti efektif hampir 95 persen dalam uji coba klinis tahap akhir terhadap lebih dari 30.000 orang Amerika Serikat. Hingga kini, ini merupakan vaksin dengan persentase tertinggi.

Vaksin Pfizer-BioNTech mengumumkan memiliki vaksin corona dengan efektivitas mencapai 94,5 persen dari studi terhadap 41.000 partisipan di seluruh dunia.

Lainnya, vaksin Oxford-AstraZeneca secara umum melaporkan efektivitas 70 persen dalam analisis data uji coba fase ketiga.

Sementara itu, Gamaleya Sputnik V dalam siaran persnya mengklaim bahwa vaksin dari studi Rusia skala besar itu menunjukkan kemanjuran hingga 92 persen.

Namun ilmuwan lain menyatakan bahwa klaim ini didasarkan pada bukti yang masih sangat sedikit.

Kendati cara kerja masing-masing vaksin berbeda-beda dan kompleks, pada dasarnya semua vaksin menggunakan strategi yang sama untuk melindungi manusia dari virus corona, yakni membuat tubuh mengira adanya infeksi dan melawan infeksi yang sesungguhnya.

Melakukan hal tersebut memungkinkan sistem kekebalan membangun memori Covid-19, yang berarti lebih siap untuk melawannya di masa depan.

Bagikan

RELATED NEWS