Instagram akan Menandai Foto atau Gambar yang Dihasilkan oleh AI

Pratiwi - Jumat, 04 Agustus 2023 22:49 WIB
Meta, pemilik dari Instagram telah mengumumkan akan menandai foto atau gambar yang dihasilkan oleh AI di platformnya.

(sijori.id) - Artificial intelligence (AI) memiliki kemampuan yang mengesankan, AI juga dapat menimbulkan risiko bagi masyarakat. Salah satu kekhawatiran dari penggunaan foto yang dihasilkan oleh AI adalah untuk tujuan penipuan. Hal inilah yang membuat AI jadi semakin menjadi perhatian bagi pengguna media sosial.

Untuk mengatasi masalah tersebut, grup Meta, pemilik dari Instagram telah mengumumkan akan menandai foto atau gambar yang dihasilkan oleh AI di platformnya. Itu artinya, setiap kali pengguna melihat gambar yang dibuat oleh AI, mereka akan diberitahu bahwa foto tersebut tidak dibuat oleh manusia. Tujuan dari adanya fitur ini adalah untuk mencegah penipuan dan campaign iklan dengan desain yang tidak mematuhi etika.

Keputusan Meta menandai konten yang dihasilkan oleh AI adalah langkah positif untuk melindungi pengguna media sosial. Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa fenomena AI generatif sendiri masih menjadi topik yang hangat diperdebatkan di komunitas online.

Sementara banyak orang yang terkesan dengan hasil dan kemampuan dari AI generatif, layanan tersebut juga dapat meresahkan. Teknologi ini tampaknya akan mengaburkan batasan antara kreativitas manusia dan konten yang dihasilkan oleh mesin sehingga menimbulkan pertanyaan tentang hak cipta dan privasi.

Foto atau gambar yang dihasilkan oleh AI juga semakin sulit dibedakan dari foto yang nyata atau asli. Faktanya, kualitas gambar yang dihasilkan oleh AI tampak menjadi lebih bagus sehingga seringkali menyulitkan kita membedakan dengan gambar sebenarnya. Hal inilah yang menimbulkan tantangan bagi pengguna media sosial yang mungkin tidak menyadari bahwa foto yang mereka lihat adalah suatu hal yang tidak nyata.

Keputusan yang dilakukan oleh Meta untuk menandai konten buatan AI di Instagram dimaksudkan untuk mengatasi di atas. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi gambar atau foto mana yang dihasilkan oleh AI dan foto mana yang dibuat oleh manusia. Fitur ini akan memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi pengguna serta mencegah penyebaran konten penipuan di media sosial.

Perlu dicatat bahwa Meta mungkin akan meminta pengguna untuk secara sukarela menandai postingan yang dibuat oleh AI. Ini adalah fitur penting karena memungkinkan pengguna ikut berperan aktif dalam mengidentifikasi dan melaporkan konten yang menipu. Langkah ini juga membantu menciptakan lingkungan media sosial yang lebih transparan yang tidak terlalu rentan terhadap penipuan dan bentuk penipuan lainnya. (*)

Editor: Pratiwi
Tags AIinstagramBagikan

RELATED NEWS