Jaga Kesehatan Mental kala Hadapi Krisis Keuangan

Pratiwi - Minggu, 02 Oktober 2022 13:21 WIB
ilustrasi | freepik

JAKARTA (sijori.id) - Pembicaraan tentang persoalan keuangan tampaknya juga bisa menjadi topik sensitif bagi banyak orang. Ketidakstabilan kondisi keuangan juga seringkali dapat menjadi pengalaman yang menakutkan dan memengaruhi kesehatan mental.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental saat krisis keuangan dan naiknya biaya hidup, seperti yang dilansir dari laman The Independent.

Hadapi Kenyataan Saat Ini

Selama mengalami ketidakpastian keuangan, mungkin kita merasa cenderung untuk menghindari menghadapi kondisi tersebut dan menunda menangani masalah secara langsung. Akan tetapi, jika Anda menunda untuk menghadapi kenyataan saat ini, hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan baik secara finansial atau mental Anda.

Oleh karena itu, penting untuk menghadapi kekhawatiran soal keuangan ini sesegera mungkin dengan cara menilai kondisi keuangan Anda saat ini, dan membuat rencana agar Anda tidak gagal saat membayar tagihan.

Jangan Hentikan Rutinitas Harian

Anda tentu kerap disibukkan dengan berbagai aktivitas pekerjaan setiap hari. Kondisi tersebut mungkin membuat Anda keluar dari rutinitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan, seperti tidak berolahraga, tidak tidur di waktu yang biasa, dan makan makanan kurang sehat.

Padahal aktivitas seperti olahraga, tidur yang cukup, dan makan bergizi menawarkan manfaat yang positif baik bagi kesehatan fisik maupun mental Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk mempertahankan kebiasaan tersebut.

Buat Anggaran

Selama masa-masa sulit seperti saat ini, uang yang kita miliki harus bisa digunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi pengeluaran bulanan dan memeriksa bahwa Anda tidak membelanjakan yang tidak perlu.
Hubungi Bantuan Jika Diperlukan

Selain itu, jika Anda masih khawatir dengan kesehatan mental Anda, maka sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter atau profesional kesehatan lainnya agar Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Itu tadi beberapa cara mengatasi kondisi mental yang terpengaruh akibat krisis keuangan dan biaya hidup yang naik. Selamat mencoba. (*)

Tags krisis keuanganBagikan

RELATED NEWS