Juara Wimbledon 2023, Carloz Arcaraz Kantungi Hadiah Rp 44 Miliar

Pratiwi - Senin, 17 Juli 2023 11:37 WIB
Carlos Arcaraz

(sijori.id) – Petenis muda Spanyol, Carloz Arcaraz menumbangkan Novak Djokovic pada partai final tunggal putra turnamen tenis Wimbledon 2023 yang berlangsung di All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Inggris, Minggu 16 Juli 2023.

Melansir The Mirror, Senin 17 Juli 2023, Carloz Arcaraz mendapatkan uang tunai sebesar 2,3 juta Poundsterling atau setara Rp44 miliar (asumsi kurs Rp19.625 per Poundsterling). Hadiah Wimbledon 2023 merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah.

Sementara itu, Djokovic yang notabene telah 33 gelar grand slam. Ia harus berpuas diri dengan hadiah uang tunai kurang lebih setengahnya yakni 1,1 juta Poundsterling atau setara Rp23 miliar.

Kemenangan Arcaraz melawan Djokovic di partai final Wimbledon 2023 harus dilalui drama lima set dengan waktu bermain mencapai 4 jam 42 menit. Adapun kedudukan skor akhir 3-2.

Hasil ini menjadi gelar Wimbledon pertama Arcaraz. Petenis berusia 20 tahun itu sekaligus memupus harapan Djokovic dalam menambah koleksi gelar juara yang ketiga kalinya.

Jalannya Pertandingan

Pada set pertama, Djokovic menunjukan penampilan impresif dengan memukul kedudukan skor 6-1. Dia tak membiarkan Alcaraz mengembangkan permainannya. Alhasil, Djokovic menang di set pertama dengan skor 6-1.

Set kedua terjadi kejar-kejaran angka yang sungguh menarik. Djokovic yang tertinggal 2-0 lebih dulu mampu bangkit menyamakan skor menjadi 2-2. Berlanjut ke babak tie Arcaraz mampu mengakhiri dengan skor 8-6.

Kemudian pada set ketiga, Alcaraz tampil lebih percaya diri dan mampu memanfaatkan kesalahan Djokovic dan skor berakhir 6-1.

Selanjutnya set keempat, Alcaraz kembali membuka laga dengan baik sehingga unggul di awal laga. Meski begitu, Djokovic selalu bisa mengejarnya hingga menginjak angka 2-2. Saat memasuki poin-kritis giliran Alcaraz yang membuat banyak kesalahan. Kondisi itu membuat Djokovic mengamankan kemenangan di set keempat dengan skor 6-3.

Pada set pamungkas, Alcaraz mampu menemukan sentuhan terbaiknya dan mampu menguci kemenangan dengan skor 6-4.
Profil Carloz Arcaraz

Carlos Alcaraz Garfia, atau yang lebih dikenal sebagai Carlos Alcaraz, adalah seorang petenis profesional asal Spanyol. Ia lahir pada 5 Mei 2003, di El Palmar, Murcia, Spanyol.

Alcaraz mulai mendapatkan perhatian di dunia tenis pada usia yang masih muda setelah menunjukan penampilan yang mengesankan. Alcaraz mempunyai kekuatan pada tangan kanan dengan ciri khas backhand. Ia debut sebagai petenis profesional pada tahun 2018 dan dengan cepat mencuri perhatian di ATP Challenger Tour dan sirkuit ITF Futures.

Perlu diketahui, 2021 merupakan tahun yang sangat sukses bagi Arcaraz. Pasalnya ia menjadi debutan termuda di usia 17 pada babak utama Grand Slam di Australian Open. Kala itu, ia mampu mencapai babak ketiga, setelah terakhir kali Rafael Nadal pada 2004 silam. Di tahun yang sama, ia juga meraih gelar turnamen ATP Tour pertamanya di Croatia Open di Umag, dengan mengalahkan Richard Gasquet di partai final. (*)

Tags Carloz ArcarazBagikan

RELATED NEWS