Kapal Selam OceanGate Titan Dipastikan Meledak

Pratiwi - Jumat, 23 Juni 2023 20:03 WIB
null

(sijori.id) - Kapal selam Titan yang hilang saat hendak melihat bangkai kapal Titanic di Samudera Atlantik dipastikan meledak. Rear Admiral John Mauger dari Penjaga Pantai Amerika yang memimpin pencarian mengonfirmasi Kamis 22 Juni 2023, puing-puing kapal selam telah ditemukan di dasar laut. Kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh menemukan kerucut hidung kapal selam yang hilang sekitar 487m dari haluan Titanic.

Puing-puing lebih lanjut ditemukan di dekatnya. "Dalam konsultasi dengan para ahli dari dalam komando terpadu, puing-puing itu konsisten dengan hilangnya ruang tekanan secara meledak.”

"Atas nama Penjaga Pantai Amerika dan seluruh komando terpadu, saya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga. Saya hanya bisa membayangkan seperti apa ini bagi mereka, dan saya berharap penemuan ini memberikan penghiburan selama masa sulit ini."

5 orang yang ada di dalamnya dinyatakan meninggal dunia.

Beberapa menit sebelum konferensi pers, OceanGate - pemilik kapal selam tersebut - merilis pernyataan yang mengatakan: "Kami sekarang percaya bahwa CEO kami Stockton Rush, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet, sayangnya telah hilang.”.

"Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang berbeda, dan hasrat mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia.”

"Hati kami bersama kelima jiwa ini dan setiap anggota keluarga mereka selama masa tragis ini. Kami berduka atas hilangnya nyawa dan kegembiraan yang mereka bawa ke semua orang yang mereka kenal."

Saat ditanya apakah ada jejak penumpang yang ditemukan Mauger hanya mengatakan "Ini adalah lingkungan operasi yang sangat kompleks di dasar laut, lebih dari dua mil di bawah permukaan. Kendaraan operasi jarak jauh telah mencari, dan sangat mampu, dan kami telah dapat mengklasifikasikan bagian-bagian ruang tekanan untuk kapal selam Titan."

Lingkungan Tak Kenal Ampun

Dia juga memperingatkan tempat tenggelamnya Titan adalah lingkungan yang sangat tak kenal ampun di dasar laut. Ini menjadikan peluang pemulihan korban akan sangat sulit dilakukan.

Meski puing-puing konsisten dengan "bencana ledakan" kapal, dia menekankan terlalu dini untuk mengetahui kapan ini terjadi. Robot bawah air tetap berada di lokasi untuk mengumpulkan informasi.

"Kami akan terus bekerja dan terus mencari daerah di bawah sana, tapi saya tidak punya jawaban untuk prospek saat ini," katanya kepada wartawan.

Carl Hartsville, seorang ahli dari Woods Hole Oceanographic Institution kemudian menambahkan bahwa tidak ada puing-puing Titanic yang berada di daerah tersebut.

Meskipun ada spekulasi sebelumnya suara benturan bawah air yang terdengar di dekat lokasi dapat dikaitkan dengan Titan, Penjaga Pantai kali ini mengatakan tampaknya hal itu tidak ada hubungannya.

Penemuan puing terjadi lima hari sejak penumpang Titan melakukan penyelaman selama dua jam untuk melihat bangkai kapal Titanic. Tim dari berbagai negara telah menjelajahi ribuan mil persegi untuk mencari kapal berukuran minivan tersebut.

Menurut para ahli, menemukan kapal selam yang hilang di lingkungan yang benar-benar gelap ibarat menemukan jarum di tumpukan jerami. Bahkan kendaraan spesialis di dasar laut hanya dapat melihat dalam hitungan meter.

Komodor David Russell, mantan komandan kapal selam Angkatan Laut Inggris kepada Sky News mengatakan bukti menunjukkan bahwa lambung tekanan Titan gagal dan mereka yang berada di dalamnya akan kehilangan nyawa seketika. (*)

Tags OceanGateBagikan

RELATED NEWS