Keju Organik Bikinan Indonesia

Pratiwi - Jumat, 01 September 2023 21:23 WIB
null

MALANG (sijori.id) - Produksi keju organik Indonesia pertama mulai berjalan minggu ini, menandakan tonggak sejarah bagi sektor peternakan susu di negara kepulauan dengan populasi 273 juta penduduk ini. Keju organik ini, diproduksi oleh artisan produsen lokal Mazaraat Cheese, dalam proyek yang didanai oleh Danida yang bertujuan untuk membuka potensi produk organik di Indonesia dan meningkatkan efisiensi peternakan susu lokal.

"Ini merupakan momen yang sangat menggembirakan menyaksikan produksi keju organik ini dimulai. Dengan pandemi, wabah penyakit mulut dan kuku serta gangguan rantai pasok, proyek ini menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanannya. Namun, dengan tekad yang kuat dari semua mitra yang terlibat, dan dengan dukungan dari pemerintah Indonesia, kami berhasil menghadirkan proyek yang sangat berdampak ini, yang menegaskan komitmen Arla untuk menciptakan masa depan industri susu dan mendukung produksi susu berkelanjutan di seluruh dunia", ungkap Executive Vice President of Agriculture, Sustainability and Communication at Arla Foods, Hanne Søndergaard.

Ikut serta dalam perayaan mulainya produksi keju organik di Malang, Direktur Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Nasrullah, mengatakan "Ini adalah langkah besar bagi industri peternakan susu Indonesia dan seluruh sektor produksi pangan. Kami memiliki rencana ambisius, untuk itu, kami perlu menerapkan praktik terbaik dan pengetahuan terbaru untuk berhasil dan itu bisa terealisasi dengan kolaborasi dalam proyek-proyek seperti ini. Saya sangat menantikan bagaimana ini akan berdampak positif pada produksi lokal kita ke depan."

"Memperkenalkan keju yang diproduksi secara organik pertama kalinya di Indonesia adalah sesuatu yang sangat kami banggakan, dan menjadi bagian dari proyek ini adalah peluang yang fantastis. Peluang bagi kami sebagai produsen susu untuk belajar dan berkolaborasi dengan yang terbaik di bidang ini dan sebagai pebisnis di Indonesia untuk membantu mengembangkan industri ini dan membawa peternakan susu organik Indonesia naik kelas," ungkap Jamie Najmi dari Mazaraat Cheese.

Keju ini akan dijual secara lokal di hotel, kafe, dan restoran, dan perjanjian ekspor pertama ke Singapura juga telah disepakati. (*)

Tags keju organikBagikan

RELATED NEWS