Kelok Mertan, Spot Favorit Mengambil Gambar Kereta Api

Pratiwi - Minggu, 11 Februari 2024 14:13 WIB
Rangkaian baru milik KA Argo Dwipangga melintas kawasan Kelok Mertan saat melakukan uji coba perjalanan pada Sabtu, 9 Desember 2023

JAKARTA (sijori.id) - Pesona Kelok Mertan sebagai salah satu lokasi berburu foto (hunting) kereta api sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kereta api (railfans). Lokasi ini belakangan tengah viral di media sosial karena keindahan view yang memukau siapa saja yang melihatnya. Jalur kereta yang berkelok dengan latar belakang persawahan dan gunung menjadikan tempat ini menjadi jujugan wisatawan yang penasaran.

Sebelum viral, lokasi ini sudah menjadi salah satu destinasi spot hunting di kalangan railfans sejak puluhan tahun lalu. Lantas bagaimana keindahan dari lokasi ini sehingga menarik perhatian banyak orang dan viral di media sosial? Sebagaimana namanya, di lokasi ini jalur kereta api berkelok membentuk letter C dan letter S.

Kelokan itulah yang menjadi spot andalan bagi railfans untuk mengambil foto maupun video. Terlebih jika cuaca sedang cerah maka Gunung Merapi dan Merbabu yang tinggi menjulang akan terlihat dari spot ini. Selain itu, background lain yang dapat diambil ketika sedang spotting di tempat ini adalah persawahan dan deretan pohon kelapa yang nyiur tertiup angin.

Spot lain yang sering digunakan untuk hunting foto adalah bagian letter S yang berada tepat disamping spot tersebut. Dari spot tersebut, bisa melihat eksotisnya kereta api yang meliuk-liuk bagai ular besi. Hal ini sangat cocok untuk diabadikan dalam bentuk foto maupun video sebagai bahan konten di media sosial ataupun hanya koleksi pribadi.

Waktu yang tepat untuk menikmati spot ini adalah saat pagi dan sore hari. Saat pagi, hawa di kelok Mertan sangat sejuk sebab lokasinya yang masih asri dan jauh dari polusi. Pada waktu ini bisa sekaligus menikmati sunrise sembari hunting foto kereta api yang banyak berlalu lalang baik dari dan ke arah Yogyakarta.

Adapun saat sore hari menjadi waktu yang tepat juga untuk berburu foto di spot ini kala sinar matahari sudah tidak terlalu panas. Terlebih jika cuaca sedang cerah dan bersahabat maka akan makin menambah indah foto dan video yang didapatkan. Hasil foto dan video akan semakin indah jika menggunakan drone sebab sebagian besar kawasan Kelok Mertan akan tercapture dalam satu gambar yang apik.

Lokasi Kelok Mertan berada di Dusun Mertan, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kulon Progo. Dari Kota Yogyakarta sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh antara 30 sampai 40 menit berkendara. Dari jalan raya Jogja-Wates hanya sekitar 500 meter saja dengan melewati jalan kampung. Aksesnya cukup mudah dan bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Apabila sedang naik kereta api, lokasi Kelok Mertan berada di antara Stasiun Wates dan Stasiun Sentolo. Penumpang dapat menandai kedua stasiun tersebut bila ingin menikmati view Kelok Mertan dari atas kereta api. (*)

Tags kereta apiKAIBagikan

RELATED NEWS