(Arya Sinulingga menjelaskan, masalah pajak di PGN itu sebenarnya telah terjadi sejak tahun 2012)
JAKARTA (sijori.id) - Kementerian BUMN akan segera melakukan komunikasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait sengketa pajak senilai Rp 3,06 triliun yang melibatkan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Apalagi Dirjen pajak juga telah menerbitkan peraturan yang mencabut ketentuan pajak terhadap obyek yang kini disengketakan itu.
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya akan menempuh dua langkah.
Pertama, kementerian BUMN akan melakukan pembicaraan dengan Kementerian Keuangan atas sengketa tersebut.
Kedua, pihaknya akan meminta PGN untuk melakukan langkah-langkah hukum yang dibutuhkan untuk keluar dari masalah pajak tersebut.
"Dirjen pajak sendiri sudah menyatakan bahwa masalah pajak yang jadi persoalan di PGN ini bukan obyek pajak. PGN akan kita minta melakukan langkah hukum berikutnya seperti Peninjauan Kembali (PK) kedua," ujarnya di Jakarta, Senin (4/1).
Arya Sinulingga menjelaskan, masalah pajak di PGN itu sebenarnya telah terjadi sejak tahun 2012. Perseroan sempat memenangkan sengketa pajak di Pengadilan Pajak. Namun, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) dan kondisi berbalik.
Terkait kasus pajak ini, Arya menegaskan, bahwa Dirjen Pajak sudah mengakui bahwa obyek PPN yang disengketakan itu bukanlah obyek pajak. Ini terbukti pada sengketa pajak pada periode 2014-2017 atas obyek pajak yang sama sudah dibatalkan oleh Dirjen Pajak. Sehingga kewajiban pajak PGN senilai Rp 3,87 triliun dibatalkan.
"Sebelumnya sudah ada peraturan dari direktur peraturan pajak bahwa objek pajak tersebut sebenarnya bukanlah objek pajak. Hal itu sudah diakui dirjen pajak atas sengketa pajak dengan obyek pajak yang sama periode 2014 sampai 2017," ujarnya.
Arya menuturkan, objek tersebut bukanlah objek pajak karena PGN tidak mengutip pajak ke konsumen yang membeli gas tesebut. Kalau tadi misalnya PGN mengutip pajak dari konsumennya, tidak membayar kepada negara untuk pajaknya mungkin PGN yang salah.
"Jadi ini bukan soal bayar pajak ya, tapi soal itu apakah objek tersebut pajak atau bukan. Jadi kita sih optimis ini bisa dilakukan dan tidak akan membuat PGN rugi. Kita yakin Kementerian Keuangan akan mensupport kita untuk hal ini," terangnya. (*)
[{"id":2151,"title":"Samsung Fasilitasi Pelatihan Teknologi","excerpt":"<p>“Kami menyadari bahwa pembangunan manusia berfokus pada 3 hal: kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. SSLC dan kehadiran teknologi di tengah masyarakat Biak, kami yakini dapat berperan bagi tercapainya 3 hal tersebut. Melalui pembangunan ekosistem berbasis pendidikan secara menyeluruh di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat, SSLC bukan hanya membantu mengoptimalkan aktifitas pembelajaran jarak jauh yang masih berlangsung saat ini, namun sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat Papua meraih kehidupan yang lebih baik dengan meningkatkan pemahaman tentang teknologi,” ujar Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.</p>","image_1":"1611104230082.jpeg","image_2":null,"image_3":null,"image_layout":null,"body":"<p><strong>JAKARTA (sijori.id)</strong> - Samsung Smart Learning Class (SSLC) yang dibangun sejak 2018 di SD YPK Waupnor, merangkul penerima manfaat lebih luas lagi selain siswa dan guru SD YPK Waupnor. Samsung memfasilitasi pelatihan teknologi untuk 3.700 masyarakat Biak terdiri dari anak-anak, orang tua, guru, komunitas, hingga aparat pemerintahan setempat untuk mengembangkan diri lewat pemanfaatan teknologi.</p>\r\n<p>Pendidikan, merupakan faktor penting untuk meningkatkan kualitas hidup, daya saing, keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di era globalisasi. Termasuk di dalamnya adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, perangkat atau jaringan informasi komunikasi, dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya di Papua, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi, masih menunjukkan angka terendah secara nasional dari skala 0-10, yaitu 3,33. </p>\r\n<p>“Kami menyadari bahwa pembangunan manusia berfokus pada 3 hal: kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. SSLC dan kehadiran teknologi di tengah masyarakat Biak, kami yakini dapat berperan bagi tercapainya 3 hal tersebut. Melalui pembangunan ekosistem berbasis pendidikan secara menyeluruh di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat, SSLC bukan hanya membantu mengoptimalkan aktifitas pembelajaran jarak jauh yang masih berlangsung saat ini, namun sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat Papua meraih kehidupan yang lebih baik dengan meningkatkan pemahaman tentang teknologi,” ujar Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.</p>\r\n<p>Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Christian Sohilait ST MSi menambahkan, “Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi inisiatif dari Samsung. Seluruh fasilitas dan pembekalan yang ada, memberikan kemudahan serta optimisme kepada masyarakat Papua. Ke depannya kami berharap masyarakat dapat semakin menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dasar yang diimbangi dengan menumbuhkembangkan kompetensi, dan semakin banyak inisiatif serupa yang menyinergikan semua potensi serta memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkan dan mengembangkan pendidikan di Papua.</p>\r\n<p>” Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan tantangan tersendiri bagi para guru di Kabupaten Biak Numfor. Dari hasil asesmen yang dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI), mitra Samsung untuk program SSLC Biak, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor kepada 35 sekolah, ditemukan fakta bahwa salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah minimnya kapasitas guru terhadap penguasaan TIK. Hal ini yang kemudian menggerakkan Samsung, melalui WVI, mengadakan pelatihan TIK dasar, guna meningkatkan kompetensi dan membantu guru dalam menerapkan PJJ secara optimal.</p>\r\n<p>Berkolaborasi dengan DPPAD Provinsi Papua, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Papua, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor, Samsung beserta WVI berhasil merangkul 136 guru dari 66 sekolah, SD hingga SMA, untuk mengikuti pelatihan. Dilaksanakan pada akhir 2020, pelatihan ini melibatkan 12 relawan dari beberapa komunitas penggiat pendidikan, dan dilakukan secara serentak di 5 lokasi. Salah satunya adalah fasilitas SSLC di SD YPK Waupnor.<br />Berbagai materi yang diberikan antara lain: cara menginstal dan menggunakan Telegram, membuat akun Google, menggunakan Google Form dan Google Meet, serta Google Classroom. <strong>(*)</strong></p>","status":"P","publish_datetime":"2021-01-20T00:57:10.000Z","video_1":null,"created_at":"2021-01-20 07:57:10","updated_at":"2021-01-20 09:14:07","highlight":0,"slug":"samsung-fasilitasi-pelatihan-teknologi","view_count":2,"image_source":"Program SSLC di Biak Papua memperluas manfaat dan pemahaman masyarakat sekitar akan teknologi.","image_caption":" Program SSLC di Biak Papua memperluas manfaat dan pemahaman masyarakat sekitar akan teknologi.","user_id":3,"special_report":null,"author_name":"Redaksi","image_1_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2151/1611104230082.jpeg","image_1_thumb_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2151/thumb_1611104230082.jpeg","image_1_medium_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2151/medium_1611104230082.jpeg","image_1_large_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2151/large_1611104230082.jpeg","image_2_url":null,"image_2_thumb_url":null,"image_2_medium_url":null,"image_2_large_url":null,"image_3_url":null,"image_3_thumb_url":null,"image_3_medium_url":null,"image_3_large_url":null,"url":"https://sijori.id/read/samsung-fasilitasi-pelatihan-teknologi","category":[{"id":6,"title":"SEPUTAR SIJORI","description":" \t\t \t \t\t \tSemua Hal Tentang Singapura - Johor - Riau\r\n \t\t \r\n \t\t ","image":null,"created_at":"2020-10-13 13:57:45","updated_at":"2020-10-13 14:02:28","slug":"seputar-sijori","url":"https://sijori.id/kanal/seputar-sijori","image_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/6/null","image_thumb_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/6/thumb_null","image_medium_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/6/medium_null","image_box_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/6/box_null","pivot":{"category_id":6,"article_id":2151}},{"id":7,"title":"EKONOMI & FINTECH","description":" \t\t \tMembahas Semua Hal Terkait Perekonomian dan Teknologi Finansial\r\n \t\t ","image":null,"created_at":"2020-10-13 13:59:03","updated_at":"2020-10-13 14:02:12","slug":"ekonomi-and-fintech","url":"https://sijori.id/kanal/ekonomi-and-fintech","image_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/null","image_thumb_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/thumb_null","image_medium_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/medium_null","image_box_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/box_null","pivot":{"category_id":7,"article_id":2151}}]},{"id":2149,"title":"Mandiri Berkongsi denga Grab","excerpt":"<p><br /><br />Inisiatif lain yang rencananya akan dikembangkan adalah kerja sama keagenan branchless banking bagi mitra Grab sehingga bisa memberikan tambahan penghasilan kepada mitra. Sehingga kerja sama ini bakal memberi daya tarik tersendiri bagi mitra dan calon mitra untuk ikut bergabung bersama Grab.</p>","image_1":"1611072292261.jpeg","image_2":null,"image_3":null,"image_layout":null,"body":"<p><strong>JAKARTA (sijori.id) - </strong> PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) join dengan Grab Indonesia untuk penyediaan layanan keuangan digital.</p>\r\n<p>Kerja sama ini ditandatangani oleh Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dan Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto pada Selasa, 19 Januari 2021.<br /><br />Dalam kerja sama ini, Bank Mandiri bakal mengembangkan sejumlah produk dan layanan keuangan pada platform Grab. Tujuannya, untuk memberi nilai tambah pada mitra dan pelanggan Grab, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).<br /><br />Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengungkapkan, produk keuangan yang bakal dikembangkan adalah layanan pembayaran digital dan pembiayaan produktif. Kerja sama ini, kata dia, sangat strategis karena melibatkan dua pihak dengan pemahaman bisnis dan keunggulan di bidang masing-masing.<br /><br />Grab dengan teknologi dan jaringan mitra bisnisnya. Sedangkan Bank Mandiri dengan varian layanan keuangan digitalnya dan inovasi.<br /><br />“Sinergi layanan ini akan melahirkan banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan terutama oleh pelaku UMKM dalam situasi penuh keterbasatasan di masa pandemi,” tutur Rico, dalam siaran persnya, Selasa, 19 Januari 2021.<br /><br />Rico menyebut, salah satu kolaborasi yang dilakukan adalah pengembangan sistem dan teknologi pembiayaan. Baik di platform aplikasi maupun jaringan merchant yang menjadi mitra bisnis Grab.<br /><br />Nantinya, berbagai solusi pembayaran Bank Mandiri dapat diakses oleh mitra bisnis Grab. Misalnya, pembayaran melalui scan QR dan mandiri direct debit. Ini bakal melengkapi akseptasi kartu debit dan kartu kredit Bank Mandiri yang telah lebih dulu ada di platform Grab.<br /><br />“Kerja sama ini juga nanti akan memungkinkan pelanggan Grab membuka rekening Bank Mandiri secara online serta melakukan top up e-money,” jelas Rico.</p>\r\n<p><strong>Jangkauan Luas</strong><br /><br />Di sisi lain, Grab tidak hanya ingin dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang merajai pasar transportasi berbasis aplikasi semata. Melainkan juga sebagai penyedia berbagai pelayanan yang terintegrasi dalam platform digital, seperti: GrabMart, GrabKios, GrabFood, dan GrabExpress.<br /><br />Menurut Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, pihaknya ingin mengembangkan Grab menjadi salah satu platform dengan akses keuangan terlengkap. Grab, kata dia, ingin membantu perkembangan dan pertumbuhan sektor riil ekonomi melalui sejumlah layanannya.<br /><br />“Melalui sinergi dengan Bank Mandiri, Grab berupaya untuk terus menggerakkan ekonomi digital UMKM dengan menyediakan beragam layanan perbankan yang aman, nyaman dan mudah diakses,” jelas Neneng.<br /><br />Salah satu inisiatif yang dikembangkan adalah sinergi penyaluran pinjaman mikro kepada jaringan mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios. UMKM maupun pengusaha individu yang telah tergabung akan memiliki kemudahan dalam mengakses pembiayaan produktif secara digital dari Bank Mandiri melalui platform Grab.<br /><br />Dalam produk ini, mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios yang sudah bergabung dapat mengajukan permohonan pinjaman kepada Bank Mandiri. Produk pinjaman yang dapat memiliki suku bunga yang bersaing dengan jumlah pengajuan hingga Rp100 Juta.<br /><br />Sementara itu, Aquarius Rudianto menambahkan, pembiayaan produktif mikro ini sangat potensial untuk dikembangkan mengingat Grab juga akan berperan sebagai pemberi referral. Kemudian pelaksanaannya pun akan tetap memenuhi prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) sehingga dapat memitigasi risiko pembiayaan.<br /><br />“Kolaborasi inilah yang kami yakini dapat semakin memberdayakan UMKM serta mengakselerasi inklusi keuangan dengan memanfaatkan ekosistem digital sehingga akan memberikan efek positif pada sektor riil perekonomian nasional, ” kata Aquarius.<br /><br />Inisiatif lain yang rencananya akan dikembangkan adalah kerja sama keagenan branchless banking bagi mitra Grab sehingga bisa memberikan tambahan penghasilan kepada mitra. Sehingga kerja sama ini bakal memberi daya tarik tersendiri bagi mitra dan calon mitra untuk ikut bergabung bersama Grab.<br /><br />“Kami sudah membentuk forum koordinasi yang akan membahas lebih detail potensi kerja sama lain yang akan menguntungkan baik bagi pengguna Grab maupun nasabah Bank Mandiri. Kami juga berharap, hadirnya Bank Mandiri dalam ekosistem digital Grab akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mitra sehingga akan semakin banyak mitra bisnis yang bergabung dengan Grab,” tutup<br /><br />“MoU ini adalah langkah awal kerja sama Bank Mandiri dan Grab. Kami sudah membentuk forum koordinasi yang akan membahas lebih detail potensi kerja sama lain yang akan menguntungkan baik bagi pengguna Grab maupun nasabah Bank Mandiri,” pungkas dia. <strong>(SKO)</strong></p>","status":"P","publish_datetime":"2021-01-19T16:04:52.000Z","video_1":null,"created_at":"2021-01-19 23:04:52","updated_at":"2021-01-20 09:07:40","highlight":1,"slug":"mandiri-berkongsi-denga-grab","view_count":4,"image_source":"Warga memesan ojek online dari aplikasi samrtphone nya di kawasan stasiun Sudirman, Jakarta, Senin 8 Juni 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia","image_caption":"Warga memesan ojek online dari aplikasi samrtphone nya di kawasan stasiun Sudirman, Jakarta, Senin 8 Juni 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia","user_id":3,"special_report":null,"author_name":"Redaksi","image_1_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2149/1611072292261.jpeg","image_1_thumb_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2149/thumb_1611072292261.jpeg","image_1_medium_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2149/medium_1611072292261.jpeg","image_1_large_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2149/large_1611072292261.jpeg","image_2_url":null,"image_2_thumb_url":null,"image_2_medium_url":null,"image_2_large_url":null,"image_3_url":null,"image_3_thumb_url":null,"image_3_medium_url":null,"image_3_large_url":null,"url":"https://sijori.id/read/mandiri-berkongsi-denga-grab","category":[{"id":7,"title":"EKONOMI & FINTECH","description":" \t\t \tMembahas Semua Hal Terkait Perekonomian dan Teknologi Finansial\r\n \t\t ","image":null,"created_at":"2020-10-13 13:59:03","updated_at":"2020-10-13 14:02:12","slug":"ekonomi-and-fintech","url":"https://sijori.id/kanal/ekonomi-and-fintech","image_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/null","image_thumb_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/thumb_null","image_medium_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/medium_null","image_box_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/box_null","pivot":{"category_id":7,"article_id":2149}}]},{"id":2144,"title":"Sweet Seventeen Xenia","excerpt":"<p> </p>\r\n<p>Perawatan purna jual Xenia juga tentunya sangat mudah karena Daihatsu memiliki layanan pembelian spare part, pengecekan berkala, sampai layanan service mobil. Seluruh layanan ini dapat diperoleh di daerah manapun di seluruh Indonesia.</p>","image_1":"1611029339238.jpeg","image_2":null,"image_3":null,"image_layout":null,"body":"<p><strong>JAKARTA (sijori.id) -</strong> Xenia pertama kali diluncurkan pada 2004. Tak terasa tahun ini ia berusia 17 tahun.</p>\r\n<p>Selama itulah Daihatsu Xenia menemani mobilitas Sahabat Daihatsu. </p>\r\n<p>Menjajaki usia dewasa, Xenia tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV tujuh penumpang terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia. Kehadiran Xenia dianggap mampu memikat pasar otomotif tanah air dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.</p>\r\n<p>Sesuai dengan tagline Xenia, yakni Sahabat keluarga, Xenia diproduksi Astra Daihatsu Motor dengan menyesuaikan karakteristik kebutuhan keluarga Indonesia. Mulai dari tampilan, fitur, sampai dengan layanan purna jual.</p>\r\n<p>Dimulai dari tampilan, Xenia memiliki konsep desain “modern, tough, sporty”. Pada bagian depan, desain sporty terlihat dari bumper depan yang lebih tangguh dan LED headlamp yang mengadopsi tren desain double layer. Bagian samping dilengkapi dengan desain velg alloy yang stylish dan spion yang dilengkapi fungsi retractable. Pada bagian belakang, desain stylish terlihat dari lampu yang juga menggunakan desain double layer. Selain itu, spoiler belakang juga sudah dilengkapi dengan high mount stop lamp (HMSL) dan antena radio sudah menggunakan desain shark fin. </p>\r\n<p>Selain tampilan, tentunya Xenia dilengkapi dengan fitur yang membuat pengguna lebih nyaman. Pengaturan AC pada Xenia menjadi lebih mudah dan nyaman dengan digital AC. Xenia juga memiliki head unit touchscreen dan steering switch yang mempermudah pengendara saat melakukan pengaturan audio.</p>\r\n<p>Mendukung hal ini, jumlah speaker pada Xenia dibuat lebih banyak, juga peningkatan kekedapan pada kabin, sehingga kualitas suara menjadi lebih baik untuk seluruh penumpang. Selain itu, pengisian baterai gadget juga semakin mudah dengan power outlet di baris pertama dan kedua.</p>\r\n<p>Sebagai pendukung keamanan berkendara, Xenia sudah dilengkapi dengan fitur speed sensing auto door lock yang akan mengunci seluruh pintu kendaraan saat kecepatan mobil mencapai 20km/jam, serta akan membuka kunci secara otomatis ketika mesin dimatikan. Untuk aspek keselamatan, selain Dual SRS</p>\r\n<p>Air Bag, Xenia juga dilengkapi fitur ABS dan EBD untuk performa pengereman yang lebih baik. </p>\r\n<p>Perawatan purna jual Xenia juga tentunya sangat mudah karena Daihatsu memiliki layanan pembelian spare part, pengecekan berkala, sampai layanan service mobil. Seluruh layanan ini dapat diperoleh di daerah manapun di seluruh Indonesia.</p>\r\n<p>“Sebagai Sahabat Keluarga, Xenia sudah terbukti kehandalannya dan keistimewaannya selama 17 tahun. Kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu.” Ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor. <strong>(*)</strong></p>","status":"P","publish_datetime":"2021-01-19T04:08:59.000Z","video_1":null,"created_at":"2021-01-19 11:08:59","updated_at":"2021-01-20 00:08:37","highlight":1,"slug":"sweet-seventeen-xenia","view_count":3,"image_source":"Ndak terasa Xenia telah 17 tahun riwa riwi di jalanan Indonesia.","image_caption":"Ndak terasa Xenia telah 17 tahun riwa riwi di jalanan Indonesia.","user_id":3,"special_report":null,"author_name":"Rilis","image_1_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2144/1611029339238.jpeg","image_1_thumb_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2144/thumb_1611029339238.jpeg","image_1_medium_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2144/medium_1611029339238.jpeg","image_1_large_url":"https://assets.sijori.id/uploads/article/image_1/2144/large_1611029339238.jpeg","image_2_url":null,"image_2_thumb_url":null,"image_2_medium_url":null,"image_2_large_url":null,"image_3_url":null,"image_3_thumb_url":null,"image_3_medium_url":null,"image_3_large_url":null,"url":"https://sijori.id/read/sweet-seventeen-xenia","category":[{"id":7,"title":"EKONOMI & FINTECH","description":" \t\t \tMembahas Semua Hal Terkait Perekonomian dan Teknologi Finansial\r\n \t\t ","image":null,"created_at":"2020-10-13 13:59:03","updated_at":"2020-10-13 14:02:12","slug":"ekonomi-and-fintech","url":"https://sijori.id/kanal/ekonomi-and-fintech","image_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/null","image_thumb_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/thumb_null","image_medium_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/medium_null","image_box_url":"https://assets.sijori.id/uploads/category/image/7/box_null","pivot":{"category_id":7,"article_id":2144}}]}]