Kemping di Tepi Laut, ya, di Pantai Srau

Pratiwi - Minggu, 03 Desember 2023 17:35 WIB
Pantai Srau di Kabupaten Pacitan

Mendirikan kemah dan bermalam di pantai merupakan alternatif cara untuk menikmati indahnya suasana pantai. Terdapat spot pantai di Kabupaten Pacitan yang dapat direkomendasikan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Pantai Srau menjadi destinasi wisata pantai sekaligus spot untuk camping yang paling tepat dipilih oleh wisatawan. Pantai ini menawarkan keindahan yang tidak kalah cantiknya dengan pesona pantai di luar Kabupaten Pacitan. Pantai Srau memiliki pasir halus berwarna putih yang berpadu dengan birunya air laut.

Lokasi wisata ini cukup luas serta terdapat tiga bibir pantai di kawasan Srau. Masing-masing dibatasi oleh batuan karang yang menjulang tinggi. Umumnya wisatawan menyebutnya sebagai Pantai Srau 1, 2, dan 3. Lansekap pemadangan di Pantai ini hampir sama seperti pantai di pesisir Selatan Jawa namun terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai.

Pohon kelapa itu tumbuh berderet rapi di pinggiran jalan pinggir pantai. Pada bagian bawah terdapat rumput hijau yang rapi sehingga nampak seperti hamparan karpet. Viewnya sangat cocok sekali untuk mengambil foto landscape maupun berswafoto bersama. Adanya deretan pohon kelapa itu juga membuat udara di pantai semakin terasa sejuk dan sepoi.

Tiupan angin berpadu dengan rindangnya pepohonan. Waktu yang cocok untuk menikmati pantai ini ialah pada sore hari untuk menyaksikan sunset dari atas bukit yang berada di Pantai Srau 3. Selain itu, waktu sore adalah saat dimana cahaya matahari tidak begitu terik sehingga cocok unutk dinikmati.

Untuk spot berkemah, wisatawan dapat mendirikan tenda di sekitaran bibir pantai atau di tanah lapang yang berada di bawah pohon kelapa. Meski begitu, wisawatan harus tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan kala mendirikan tenda di Pantai Srau. Wisatawan juga harus waspada saat bermain air di Pantai ini sebab karakteristik ombak pesisir Selatan yang cenderung besar.

Lokasi Pantai Srau berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupten Pacitan, Jawa Timur. Dari Alun-Alun Kabupaten Pacitan berjarak 22 kilometer berdasarkan hitungan dari gmaps. Jarak tempuhnya sekitar 40 hingga 1 jam dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat.

Perjalanan dapat dilakukan dengan mengikuti jalan raya Pacitan-Solo hingga tiba di Kecamatan Pringkuku. Nantinya, terdapat percabangan jalan menuju arah Pantai tersebut. Petunjuk jalan dari Kota hingga tiba lokasi dapat dijumpai dengan mudah. Adapun jalan dari Pacitan sampai Pantai juga sudah halus. Meski begitu, jalan antara Pringkuku hingga Srau terbilang sempit dan penuh kelokan sehingga pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas.

Pantai Srau buka selama 24 jam dengan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, tempat ibadah, penjaja makanan hingga tempat berteduh. Harga tiket masuk Pantai ini tergolong murah sekitar Rp5.000. Namun tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi namun tetap terjangkau di kantong. (*)

Tags pantai srauBagikan

RELATED NEWS