Ketika Kompor Gas Tidak Menyala ...

Pratiwi - Rabu, 01 Februari 2023 20:43 WIB
Ilustrasi menyalakan kompor gas.

JAKARTA (sijori.id) — Pernahkah Anda tiba-tiba disibukkan dengan kompor gas yang mendadak susah menyala? Hal ini tentu menjengkelkan, apalagi jika Anda segera ingin memasak dan menikmati hidangan. Namun tak perlu khawatir. Masalah ini bisa ditemukan solusinya apabila Anda mengetahui penyebabnya.

Berikut sejumlah faktor penyebab kompor gas tidak menyala berikut cara mengatasinya:

Regulator Bermasalah

Problem regulator cukup sering menjadi penyebab kompor gas susah menyala. Regulator sendiri sangat penting karena menghubungkan kompor dengan aliran gas dari tabung elpiji.

Permasalahan biasa terjadi karena karena bola-bola gotri yang ada di dalam menghambat lubang ventilator gas. Ketuklah bagian atas regulator beberapa kali agar posisi gotri bisa pas kembali.

Saluran Kompor Mampet

Sumbatan dari saluran kompor juga kerap kali menyebabkan kompor gas tidak bisa menyala. Bisa jadi selang kompor atau regulatornya bermasalah. Anda dapat mengatur ulang pemasangan regulator berikut selang kompor.

Pastikan semuanya tertutup rapat agar tidak ada kebocoran. Anda bisa memakai karet agar pemasangan regulator dapat lebih rapat.

Selang Bocor

Selang merupakan bagian yang menyalurkan gas dari tabung elpiji ke kompor. Gas otomatis tidak bisa mengalir ke kompor jika ada kebocoran pada selang.

Anda bisa mengecek kebocoran tersebut dengan cara menciumnnya. Biasanya masalah pada selang diikuti munculnya bau gas menyengat. Segera ganti selang dengan yang baru.

Muncul Kerak

Adanya kerak dalam tungku bisa menyebabkan kompor sulit menyala. Ada baiknya Anda membersihkan kompor secara rutin agar kerak dan kotoran tidak menempel di sekitar tungku.

Kompor Lembab

Sisa-sisa air dalam tungku kompor bisa menghambat nyala kompor. Anda perlu memastikan kompor disimpan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Gas Habis

Jika tidak ada masalah apapun dengan kompor, selang atapun regulator tapi kompor tetap susah menyala, bisa jadi gasnya memang sudah habis. Anda bisa membeli tabung elpiji yang baru. Lalu bagaimana cara mengecek kondisi gas elpiji?

Jika regulator Anda memiliki indikator, Anda tinggal mengecek jarum pada kompas. Gas elpiji habis jika sudah menyentuh warna merah. Jika tak ada penanda tersebut, Anda bisa memeriksa adakah bunyi desis pada regulator. (*)

Tags Kompor GasBagikan

RELATED NEWS