Kisah Kapal Induk Mogok

Pratiwi - Senin, 29 Agustus 2022 16:55 WIB
null

PORTSMOUTH (sijori.id) - Kapal induk Angkatan Laut Inggris HMS Prince of Wales dilaporkan mogok setelah berlayar untuk penempatan empat bulan ke Amerika Serikat. Pada Minggu 28 Agustus 2022 kapal seharga US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp52 triliun itu tetap berlabuh di dekat Isle of Wight sementara para petugas menangani masalah mekanis.

HMS Prince of Wales pertama kali diluncurkan pada 2017, mogok tidak lama setelah berlayar dari Portsmouth pada Sabtu sore. Juru Bicara Angkatan Laut mengatakan HMS Prince of Wales tetap berada di Area Latihan Pantai Selatan sambil melakukan penyelidikan terhadap masalah yang muncul.

UK Defence Journal mengutip sumber Royal Navy melaporkan penyelam dikirim untuk memeriksa masalah ini dan melaporkan ada kerusakan pada poros baling-baling.

Kapal induk itu diperkirakan akan tetap berlabuh selama beberapa hari sambil menjalani perbaikan. Kapal kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Amerika di mana awak kapal akan berlatih bersama rekan-rekan mereka dari Amerika dan Kanada. Rute yang akakn ditempuh adalah mengunjungi New York, Halifax di Kanada dan Karibia.

Komandan kapal, Kapten Richard Hewitt dalam sebuah pernyataan mengatakan membawa gugus tugas HMS Prince of Wales melintasi Atlantik untuk sisa tahun ini tidak hanya akan mendorong batas-batas operasi kapal induk Inggris, “Tetapi juga akan memperkuat hubungan kerja dekat kita dengan sekutu terdekat kita,” katanya

Prince of Wales adalah kapal kedua dari kelas Queen Elizabeth. Kapal pertama juga memiliki sejarah masalah. Pada tahun 2020 Queen Elizabeth terdampar di Portsmouth setelah banjir di ruang mesinnya merusak listrik. Selama dua tahun pertama dalam pelayanan, kapal induk dilaporkan menghabiskan waktu kurang dari 90 hari di laut setelah mengalami kebocoran dua kali dalam lima bulan.

Kapal induk ini dirancang untuk melakukan perang intensitas tinggi dan berbagai tugas bantuan kemanusiaan. Kapal memiliki bobot 62.000 ton dengan dek penerbangan selebar 70 meter dan panjang 280 meter. Luasnya setara dengan tiga kali lapangan sepakbola.

Kelas Queen Elizabeth menjadi kapal terbesar yang pernah dibangun Angkatan Laut Inggris. Kapal dapat mengangkut 36 pesawat F-35B dan empat helikopter Merlin. Membawa hingga 1.600 kru, kapal bisa berlayar selama 292 hari. (*)

Tags kapal induk mogokBagikan

RELATED NEWS