Kobra Albino Tiba-tiba Muncul

Pratiwi - Senin, 08 Mei 2023 16:52 WIB
null

NEW DELHI (sijori.id) - Seekor ular kobra albino langka dan sangat berbisa secara mengejutkan ditemukan di dalam sebuah rumah. Peristiwa itu terjadi di India selama hujan lebat. Hujan menghanyutkan ular sepanjang 1,5 meter itu ke rumahnya di kota Coimbatore, India selatan, pada Rabu 3 Mei 2023 lalu.

Setelah melihat ular itu, warga yang khawatir memberi tahu Wildlife & Nature Conservation Trust (WNCT). Sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk melindungi satwa liar melalui upaya penyadaran, pelatihan, penyelamatan, rehabilitasi, anti perburuan, mitigasi konflik, dan konservasi.

WNCT mengirim seorang penangkap ular yang dengan aman memindahkan ular kobra tersebut, yang akhirnya dilepaskan ke alam liar. "Ini ular yang langka untuk ditemukan," kata Juru bicara WNCT India kepada Newsweek Minggu 8 Mei 2023.

Albinisme adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh mutasi genetik yang ditandai dengan tidak adanya pigmen melanin. Hewan dengan albinisme cenderung memiliki rambut putih, bulu, kulit atau sisik, serta mata merah muda dalam beberapa kasus.

Albinisme terjadi di seluruh kerajaan hewan, terutama pada burung, reptil dan amfibi, dan lebih jarang pada mamalia, termasuk manusia.

Kobra India, yang dikenal secara ilmiah sebagai Naja naja, berasal dari anak benua tersebut. Ini dianggap sebagai salah satu spesies empat besar yang bertanggung jawab atas sebagian besar gigitan ular yang signifikan secara medis di Asia Selatan.

Rracun ular ini sangat beracun bagi manusia dan dapat mengakibatkan kematian dalam kasus yang paling parah.

"Ular kobra dikenal berbisa dan menimbulkan ancaman signifikan bagi manusia," kata WNCT dalam sebuah posting Facebook. "Racun mereka dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian jika tidak segera ditangani."

Mengingat bahaya yang melekat, dibutuhkan penangkap ular yang terampil untuk memindahkan dan memindahkan reptil ini dengan aman. "Sangat penting untuk menangani ular ini dengan sangat hati-hati dan ahli, karena kesalahan apa pun dapat menyebabkan konsekuensi yang parah," kata WNCT dalam postingan tersebut.

Setelah mengeluarkan ular dari rumah, penangkap ular menyerahkannya kepada pejabat setempat Divisi Hutan Coimbatore.

Para ahli menilai kondisi ular tersebut dan menyimpulkan bahwa ular tersebut sehat dan layak untuk dilepasliarkan. Akhirnya, mereka melepaskan reptil itu ke alam liar—khususnya, kawasan hutan yang kaya akan keanekaragaman hayati yang akan menyediakan habitat yang cocok untuk tempat tinggalnya.

"Melepaskannya ke habitat aslinya memastikan bahwa ular dapat terus hidup tanpa gangguan. Ini juga merupakan langkah penting dalam konservasi spesies, karena membantu menjaga keseimbangan ekologi kawasan," kata WNCT dalam pos.

Tahun lalu, penangkap ular menangkap boa albino raksasa dengan berat lebih dari 22 kg di halaman belakang Florida. Boa constrictors adalah ular besar dan tidak berbisa yang ditemukan di Amerika Selatan tropis dan sebagian Amerika Tengah. Mereka sering disimpan sebagai hewan peliharaan eksotis. (*)

Tags kobra albinoBagikan

RELATED NEWS