Kupang Lontong

Pratiwi - Selasa, 11 Juli 2023 05:33 WIB
null

(sijori.id) - Kuliner kupang lontong merupakan sajian unik dari kawasan Jawa Timur bagian pesisir yang meliputi wilayah Gresik, Surabaya, Sidoarjo, hingga Pasuruan. Makanan ini dapat dengan mudah ditemui di kawasan daerah tersebut. Kudapan ini memiliki cita rasa yang unik sehingga keberadaannya seringkali menjadi buruan bagi para penikmat kuliner ketika berkunjung di daerah tersebut.

Kuliner kupang lontong memiliki bahan dasar yaitu kupang yang diolah bersama kuah dan ragam bumbu. Kupang sendiri merupakan hewan sejenis kerang yang hidup di wilayah pesisir. Ukuran hewan ini cukup kecil bahkan ketika sudah diolah, kupang akan nampak seperti tumpukan nasi dalam piring. Biasanya para nelayan di daerah pesisir menangkap hewan ini untuk kemudian dijual dalam bentuk mentah ataupun sudah matang dalam bentuk olahan.

Proses pengolahan kupang untuk dijadikan kudapan dilakukan dengan membersihkan kupang dan memisahkannya dari cangkangnya. Setelah itu, kupang akan direbus bersama dengan kuah kaldu yang telah dibumbu. Ragam bumbu yang dipakai dalam kuah tersebut akan membantu menghilangkan aroma amis pada kupang sehingga menjadi lezat untuk dinikmati.

Setelah kupang direbus bersama kuah kaldu berbumbu dan matang, maka kupang telah siap untuk disajikan. Penyajian kupang lontong biasanya dilakukan di sebuah piring. Sebelum kupang dituangkan, terlebih dahulu diracik beberapa bumbu tambahan seperti bawang putih goreng, petis udang, cabai (tergantung selera), dan perasan jeruk nipis. Bumbu tersebut akan dicampur terlebih dahulu di piring.

Piring yang telah berisi bumbu tersebut kemudian akan diberikan potongan lontong. Setelah itu barulah kupang beserta dengan kuah kaldunya akan disiramkan diatas bumbu dan potongan lontong yang telah terlebih dahulu disiapkan sebelumnya. Kupang lontong biasanya dinikmati dengan sate kerang dan lentho. Perlu diketahui lentho adalah sebuah lauk yang terbuat dari kacang tolo ataupun kacang hijau yang ditumbuk lalu dicampur bumbu lain dan digoreng.

Cita rasa yang diberikan dalam sajian kupang lontong ini cukup unik. Perpaduan antara rasa manis, gurih, pedas, dan asam bercampur menjadi satu ketika kudapan ini dimakan. Rasa petis yang cukup terasa juga sangat mencirikan kupang lontong ini sebagai makanan dari kawasan pesisir Jawa Timur. Kudapan ini juga sangat pas dinikmati dengan segelas es kelapa muda yang segar.

Meskipun terlihat lezat dan nikmat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mencicipi kuliner ini. Orang yang memiliki alergi terhadap olahan laut disarankan untuk tidak mencicipi kuliner ini mengingat makanan ini sangat identik dengan hasil laut. Seporsi kudapan ini biasanya dibanderol dengan harga berkisar Rp10.000 hingga Rp15.000 tergantung warung yang menjualnya. Selain itu, kini juga mulai terdapat penjual kupang lontong yang berjualan di kota-kota lain selain daerah yang disebutkan di atas. (*)

Tags kupang lontongBagikan

RELATED NEWS