Laba Tahunan Netflix Meroket 20,4 Persen

Pratiwi - Sabtu, 27 Januari 2024 23:21 WIB
null

(sijori.id) - Perusahaan layanan streaming film, Netflix mencatatkan kinerja yang melampaui ekspektasi. Sepanjang 2023 kemarin, Netflix berhasil membukukan laba tahunan sebesar US$5,4 miliar atau setara Rp81 triliun (asumsi kurs Rp15.000). Meroket 20,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pendapatan tahunan mencapai US$33,7 miliar setara Rp505,5 triliun.

Adapun pada kuartal keempat tahun kemarin, Netflix berhasil mencatatkan pendapatan sebesar US$8,8 miliar atau setara Rp132 triliun. Naik 12,5% dengan laba bersih yang melesat 160% menjadi US$938 juta setara Rp14,07 triliun.

Tak hanya itu, Netflix juga berhasil menambahkan 13 juta pelanggan baru sehingga menghasilkan total pelanggan 260 juta di seluruh dunia.

Dikutip TrenAsia.com dari Fortune pada Rabu, 24 Januari 2024, keberhasilan ini muncul setelah Netflix dan Hollywood mengalami mogok penulis dan aktor musim panas lalu.

Netflix keluar dari situasi tersebut dengan posisi yang lebih baik, membuktikan bahwa streaming dapat menjadi bisnis yang sehat. Saingan-studio yang terpengaruh selama mogok mengalami kesulitan, sementara Netflix menjadi pembeli utama konten setelah banyak pesaingnya mulai melisensikan kembali konten mereka.

Meskipun pesaing seperti Disney, Paramount, dan Warner Bros. Discovery menghadapi ketidakstabilan, Netflix memilih untuk tetap di atas pertarungan, menyatakan bahwa lebih banyak konsolidasi di industri hiburan tradisional tidak akan berdampak signifikan pada persaingan.

Netflix juga menegaskan bahwa mereka tidak tertarik pada akuisisi aset linear besar dan tidak percaya bahwa konsolidasi lebih lanjut akan mengubah lingkungan persaingan.

Perusahaan ini memproyeksikan bahwa persaingan akan tetap ketat di antara penyedia streaming untuk konten dan pelanggan.

Netflix mencatat pertumbuhan pelanggan utamanya setelah memperketat kebijakan berbagi kata sandi pada Maret tahun lalu. Perusahaan ini menetapkan biaya tambahan US$7,99 setara Rp120 ribu per bulan bagi pengguna yang ingin berbagi akun dengan orang lain. Langkah ini dianggap sebagai bagian normal dari bisnis mereka yang diharapkan memberikan keuntungan jangka panjang.

Selain itu, Netflix mengalami pertumbuhan pada lapisan yang didukung iklan, dengan 23 juta pelanggan untuk versi iklan. Pertumbuhan ini mencapai 70% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, menunjukkan minat yang terus meningkat di antara pelanggan.

Meskipun Netflix menyatakan bahwa bisnis iklannya masih dalam tahap perkembangan, perusahaan ini optimis bahwa hal ini akan memberikan dampak material pada bisnis keseluruhan mereka dalam beberapa tahun ke depan. (*)

Tags netflixBagikan

RELATED NEWS