Layanan E-Ticketing Kini Resmi Berlaku di Seluruh Terminal Ferry Domestik Batam

Pratiwi - Senin, 28 Oktober 2024 20:03 WIB
Pelabuhan di Batam resmi menggunakan tiket elektronik

BATAM (sijori.id) - E-ticketing kini resmi diterapkan di seluruh terminal ferry domestik Batam, dengan peresmian sistem tiket online di Terminal Ferry Domestik Harbour Bay pada Senin, 28 Oktober 2024.

Inisiatif ini didorong oleh PT Lautan Inti Mega, agen pelayaran kapal Oceanna Baruna, yang bekerja sama dengan PT Easybook Teknologi Indonesia untuk mengimplementasikan layanan e-ticketing pada rute Batam – Tanjung Balai Karimun di Terminal Ferry Domestik Harbour Bay.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar. Beliau didampingi oleh Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Khusus Batam, Kabag Operasional PT Jasa Raharja, serta perwakilan dari PT Lautan Inti Mega, PT Easybook Teknologi Indonesia, dan PT Citra Tritunas selaku pengelola Terminal Harbour Bay.

Dendi menyampaikan bahwa peluncuran layanan e-ticketing di Harbour Bay melengkapi penerapan sistem yang telah berjalan di seluruh terminal ferry domestik di Batam, yang dimulai pada November 2023 di Sekupang dan Telaga Punggur.

“Per 28 Oktober 2024, seluruh terminal ferry domestik di bawah BP Batam telah menerapkan sistem e-ticketing dan pembayaran non-tunai,” jelas Dendi.

Dengan sistem baru ini, calon penumpang dapat memesan tiket ferry secara online melalui website atau aplikasi easybook.com, lengkap dengan opsi pembayaran non-tunai.

Terminal Ferry Domestik Harbour Bay melayani rute Batam-Karimun dengan lima keberangkatan harian. Calon penumpang juga bisa memilih kursi sesuai keinginan saat pemesanan, meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

“Kami harap, e-ticketing di semua terminal ferry domestik Batam akan membuat proses perjalanan lebih efisien, transparan, dan meningkatkan pengalaman penumpang,” lanjut Dendi.

Dendi juga menyoroti posisi Batam sebagai hub transit strategis bagi wisatawan domestik dan internasional menuju berbagai pulau di Kepulauan Riau dan Provinsi Riau.

Ia pun mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus mengawasi dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan e-ticketing demi peningkatan layanan yang optimal bagi penumpang.

“Kami mengundang seluruh pihak terkait untuk bersama-sama mengevaluasi dan memastikan layanan e-ticketing di seluruh terminal domestik BP Batam berjalan dengan maksimal,” pungkas Dendi. (*)

Tags pelabuhane-tiketBagikan

RELATED NEWS