Leluhur Lakukan Perbudakan, Anak Cucu Digugat

Pratiwi - Jumat, 06 Januari 2023 23:53 WIB
null

LONDON (sijori.id) - Pemeran Doctor Strange, Bennedict Cumberbatch beserta keluarganya dirumorkan tengah digugat oleh Negara Barbados atas kejahatan yang dilakukan leluhurnya.

Mengutip Alayadeen Jumat, 5 Januari 2023, leluhur dari aktor yang juga berperan menjadi Sherlock Holmes ini terlibat dalam praktik perdagangan budak pada abad ke-18 lalu.

Jika mereka kalah dalam gugatan yang dilayangkan oleh Pemerintah Barbados, Keluarga Cumberbatch kabarnya diharuskan membayar ganti rugi pada negara yang terletak di kepulauan Karibia itu.

Sebagai informasi, Barbados baru-baru ini diketahui telah membentuk gugus tugas nasional yang bertugas meminta reparasi dari kekuatan dan institusi yang menghasilkan banyak keuntungan dari perbudakan.

Sedangkan keluarga sang aktor diidentifikasi sebagai salah satu dari mereka yang terlibat dalam perdagangan semacam itu. Tak sampai di situ, di masa lalu, leluhur Cumberbatch dilaporkan memiliki sekitar 250 budak hingga akhirnya sistem tersebut dihapuskan seabad kemudian.

"Setiap keturunan pemilik perkebunan kulit putih yang mendapat untung dari perdagangan budak harus diminta membayar ganti rugi, termasuk keluarga Cumberbatch," ujar Sekretaris Jenderal Gugus Tugas sebagaimana dikutip TrenAsia.com.

Lebih lanjut, Denny mengatakan saat ini gugus tugas sedang dalam tahap awal gugatan. Ia menambahkan bahwa keluarga kerajaan Inggris juga menghadapi kemungkinan gugatan.

Sebelumnya, Benedict Cumberbatch pernah mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia sangat menyesali keterlibatan keluarganya dalam perdagangan budak.

Hal inilah yang menjadi motivasi dari Bennedict untuk mengambil peran William Pitt dalam film Ghosts of Freedom, yang bercerita mengenai penghapusan perdagangan budak. (*)

Editor: Pratiwi
Tags perbudakanBagikan

RELATED NEWS