Main ke Depo LRT Jakarta

Pratiwi - Senin, 29 Mei 2023 15:39 WIB
Nampak sejumlah mekanik sedang melakukan proses perawatan ringan rangkaian kereta di Depo LRT Jakarta, Pegangsaan Dua, Minggu 28 Mei 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

LRT Jakarta telah beroperasi sejak 2019 lalu. Light Rail Transit (LRT) perlintasan layang memiliki 2 hingga 4 gerbong dengan target penumpang per hari pada angka yang lebih besar, yaitu 360 ribu daripada MRT Jakarta sekitar 70 ribu per hari. Moda transportasi ini juga sering disebut LRT Kelapa Gading.

Tingginya mobilitas penumpang tentunya harus diimbangi dengan perawatan rutin yang memadai. Pemeriksaan dan perawatan ringan rangkaian kereta LRT Jakarta tersebut dilakukan secara berkala guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang. Semua proses perawatan ini dilakukan di Depo Stasiun Pegangsaan Dua Jakarta Utara yang memiliki luas sekitar 12 hektar.

Depo ini merupakan depo kereta pertama di Indonesia bahkan dunia yang dibangun dengan bangunan 2 tingkat, dimana lantai bawah merupakan area perawatan, dan lantai atas merupakan area parkir (stabling yard). Kawasan ini terus dikembangkan dan nantinya bisa menampung hingga 192 kereta atau 92 trainset.

Perawatan ringan kereta LRT biasanya dilakukan setiap tujuh hari dan empat bulan serta perawatan berat setiap empat tahun sekali.

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Tags LRTBagikan

RELATED NEWS