Manfaat Kecoak untuk Kehidupan Kita

Pungki - Rabu, 10 Agustus 2022 17:26 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Pembaca, pernahkah Anda berpikir mengapa kecoak harus ada di dunia ini, atau apakah ada manfaat dari kecoak? Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa kegunaan dari kecoak di planet Bumi.

Makanan untuk Burung dan Mamalia

Ada sekitar 4.500 spesies kecoak di dunia ini. Kecoak adalah sumber makanan penting dari berbagai makhluk hidup lainnya seperti burung pelatuk cockaded merah. Burung tersebut merupakan spesies yang terancam punah. Oleh karena itu jika tidak ada kecoak, itu artinya burung tersebut semakin terancam kepunahan.

Selain itu, reptil seperti kadal gurun dan mamalia pemakan serangga kecil seperti tikus juga memangsa kecoak. Jika kecoak dihilangkan dari planet bumi, maka akan terjadi penurunan populasi spesies seperti burung. Padahal, burung juga ikut membantu penyerbukan tumbuhan.
Makanan untuk Hewan yang Lebih Besar

Meskipun tidak secara langsung, kecoak adalah bagian dari rantai makanan hewan besar seperti kucing (baik kucing liar atau domestik), coyote, serigala, reptil, elang, dan burung lainnya.

Hewan dan burung ini memangsa tikus dan mencit, dan jika populasinya akan terpengaruh karena kelangkaan kecoa, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi populasi hewan tersebut dan pada akhirnya seluruh satwa liar akan terpengaruh.

DaurUlang Nutrisi

Kecoak memiliki peran penting untuk menjaga ekosistem. Kecoak hutan ahli dalam memakan serasah daun dan bahan tanaman lainnya karena di perut mereka terdapat mikroba yang dapat memecah tumbuhan yang tidak dapat dicerna oleh makhluk lain.

Setelah kecoak memecah bahan organik, mereka menyebarkan bahan organik tersebut di sekitar hutan yang kemudian dikonsumsi oleh mikroba di sana. Beberapa spesies kecoak juga membantu penyerbukan di daerah tropis.

Sumber Nitrogen

Di hutan, kecoak adalah sumber utama nitrogen yang sangat penting untuk pertumbuhan pohon dan penting untuk habitat. Kecoak memakan bahan organik yang membusuk, serasah daun dan kayu di sekitarnya. Bahan ini menjebak banyak nitrogen atmosfer di dalamnya, dan ketika kecoak memakannya, mereka melepaskan nitrogen yang terperangkap ke dalam tanah (melalui kotorannya). Tanaman dan pohon kemudian mengambil nitrogen itu dan membantu mereka tumbuh.

Kepunahan kecoak dari bumi akan sangat berdampak pada kesehatan hutan dan secara tidak langsung akan mengganggu siklus hidup semua spesies yang hidup di sana. Kepunahan kecoak akan mengganggu siklus nitrogen, daur ulang nutrisi dan akan ada banyak tumpukan sampah, puing-puing, dan kotoran di hutan dan area sekitarnya.

Oleh karena itu, jika kecoak punah dari permukaan Bumi, manusia sangat terkena dampaknya karena manusia sangat bergantung pada sumber daya alam untuk bisa hidup. (*)

Tags kecoakBagikan

RELATED NEWS