Manfaat Lidah Mertua

Pratiwi - Senin, 09 Oktober 2023 21:53 WIB
5 Manfaat Tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria di Rumah

(sijori.id) - Tahukah Anda bahwa ada beberapa tanaman hias yang memiliki manfaat kesehatan, salah satunya yaitu tanaman lidah mertua atau Sansevieria. Sansevieria atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan snake plant ini adalah salah satu tanaman yang dikenal memiliki tampilan yang menarik tapi juga bermanfaat meningkatkan kualitas udara.

Apa Itu Tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria?

Sansevieria trifasciata adalah tanaman hias yang umum dan berasal dari Asia dan Afrika. Tanaman ini dapat dikenali lewat daunnya yang berwarna hijau, berbentuk pedang yang tumbuh tegak dan hampir menyerupai daun buatan.

Tanaman lidah mertua juga sering digunakan sebagai dekorasi rumah karena enak dipandang, mudah dirawat, dan hanya membutuhkan sedikit air untuk bertahan hidup.

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman sukulen tangguh. Tidak hanya mampu memberikan suasana sejuk di dalam rumah, ternyata tanaman Sansevieria bisa berdampak positif untuk kesehatan, seperti berikut ini.

1. Menyaring Udara dalam Ruang

Mirip dengan tanaman sukulen rumah tangga lainnya, tanaman lidah mertua dapat menyaring udara di dalam ruangan. Hal yang unik dari tanaman ini adalah dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari. Oleh karena itu, tanaman lidah mertua sangat ideal untuk dijadikan dekorasi di kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat.

2. Menghilangkan Polutan Beracun

Tanaman lidah mertua atau sansevieria dikenal mampu menghilangkan polutan udara beracun. Bahkan, tanaman ini dapat menyerap polutan penyebab kanker seperti karbon monoksida, benzena, formaldehida, xilena, trikloretilen, dan toluena.

3. Melawan Alergi

Karena mampu melepaskan oksigen dan menambah kelembapan pada udara, tanaman lidah mertua dapat membantu mengurangi dampak alergen di udara seperti debu dan bulu. Seperti yang Anda ketahui, kualitas udara dalam ruangan yang buruk telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan seperti alergi dan asma.

4. Menyerap Energi Negatif Menurut Feng Shui

Seperti yang dilansir Trenasia dari Healthline pada Jumat 6 Oktober 2023, orang Tiongkok menyukai tanaman lidah mertua karena mampu menyerap energi negatif. Tanaman ini dipercaya dapat menyerap energi negatif, kepahitan, dan kecemburuan. Oleh karena itu, tanaman lidah mertua cenderung ditempatkan di ruangan tempat orang-orang sering berdebat atau di dekat peralatan yang memancarkan radiasi berbahaya.


5. Mudah Dirawat

tanaman lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah dirawat. Anda bisa meletakkannya di pot lalu diletakkan di jendela rumah, apartemen, dan bagian rumah lainnya. Selain itu, tanaman ini tahan terhadap naungan dan paparan sinar matahari langsung, air, angin dan udara kering. (*)

Editor: Pratiwi
Tags lidah mertuaBagikan

RELATED NEWS